Sign Up search


parenting

5 Menu Pengganti Nasi untuk Anak Susah Makan

Yuni Ayu Amida Jumat, 14 Feb 2020 10:11 WIB
5 Menu Pengganti Nasi untuk Anak Susah Makan Ilustrasi Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi/ Foto: iStock
Jakarta - Biasanya bayi berusia satu tahun mulai mencoba makan banyak makanan yang sama seperti orang dewasa, termasuk makan nasi. Namun, bagaimana ketika anak usia satu tahun tidak mau makan nasi?

Menurut penulis yang juga ibu tiga anak, Zooey Barnett, anak usia satu tahun akan semakin banyak bergerak, merangkak, bahkan ada yang sudah bisa berjalan. Itu sebabnya mereka butuh banyak energi. Energi ini bisa mereka dapatkan dari makanan bernutrisi yang mengandung misalnya zat besi, protein, vitamin dan mineral.


"Menu untuk anak berusia satu tahun harus mencakup banyak buah dan sayuran, telur, daging, dan ikan," ujar Barnett, dilansir Little Baby.


Selain itu, anak satu tahun juga butuh karbohidrat. Di Indonesia, karbohidrat biasanya didapat dari nasi. Namun untuk anak yang tidak suka makan nasi, bisa mencoba menu pengganti.

Berikut ini menu pengganti nasi yang bisa dikonsumsi anak satu tahun, dilansir berbagai sumber;

1. Oatmeal

Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan Nasi, Apa Menu Penggantinya?Cara Mengatasi Anak 1 Tahun Susah Makan Nasi, Apa Menu Penggantinya?/ Foto: iStock


Oatmeal adalah makanan sehat yang bisa menjadi pengganti nasi. Tidak hanya untuk orang dewasa, oatmeal juga baik dikonsumsi anak-anak.

Oatmeal kaya akan serat dan nutrisi. Agar rasanya tidak hambar, oatmeal bisa divariasikan. Misalnya oatmeal dengan campuran telur, jagung, ayam, atau lainnya untuk mendapatkan rasa asin dan gurih. Bisa pula dicampur dengan cokelat dan aneka buah-buahan, untuk mendapat rasa manis.

2. Kacang hijau

Kacang hijau memiliki kandungan gizi yang tinggi, di antaranya vitamin A, B1, C, asam folat, karbohidrat, protein, omega 3 dan 6, dan yang pasti serat. Kacang hijau enak dibuat jadi bubur.

Untuk anak usia satu tahun, jika belum bisa mengunyahnya, bubur kacang hijau bisa dihaluskan untuk dijadikan puree.


3. Jagung

Jagung mengandung kalori sehat serta nutrisi seperti vitamin A, B, dan E. Selain itu, dalam 100 gram jagung manis mengandung energi sekitar 35 Kkal, 2,2 gram protein, 0,1 gram lemak, 7,4 gram karbohidrat, hingga 8 mg vitamin C.

Biasanya, anak-anak menyukai jagung karena rasanya cenderung manis. Namun, agar semakin menarik, Bunda juga bisa menjadikan jagung sebagai olahan lezat dengan menambahkan campuran susu dan keju pada jagung rebus, atau membuat sup jagung manis, bahkan perkedel jagung. Olahan jagung ini juga bisa disesuaikan berdasarkan usia si kecil ya, Bunda.

4. Kentang

Kentang bisa jadi pengganti nasi karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Kentang juga mengandung vitamin C yang cukup baik. Untuk mengonsumsi kentang, Bunda bisa menambahkannya ke dalam sup, atau membuat kentang rebus. Kentang juga bisa diolah menjadi bolu bahkan donat.

Ilustrasi anak makanIlustrasi anak makan/ Foto: istock

5. Singkong

Singkong mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Rasanya yang khas membuat singkong jadi salah satu makanan favorit di sejumlah daerah di Indonesia. Olahan singkong juga saat ini sudah variatif, Bunda.

Tak hanya singkong rebus ataupun goreng, tapi juga singkong Thailand, donat singkong, atau pancake singkong. Tapi, untuk anak satu tahun, sebaiknya Bunda buat puree singkong dengan merebus kemudian haluskan.


Sudah disimak Bun menu-menu pengganti nasi di atas? Nah, kalau begitu Bunda bisa langsung melihat apa manfaat sarapan untuk anak dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]




(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi