Sign Up search


parenting

Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Sakit Perut

Yuni Ayu Amida Selasa, 11 Feb 2020 16:02 WIB
Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Sakit Perut caption
Jakarta - Anak-anak biasanya kerap mengalami sakit perut, Bunda. Tentunya hal ini membuat mereka tidak nyaman, bahkan terkadang nafsu makan mereka pun hilang.

Menurut spesialis penyakit dalam, Alana Biggers, MD, sakit perut mungkin tampak umum bagi beberapa anak, terutama bagi mereka yang mencoba makanan baru, atau kadang-kadang kelebihan makan junk food. Namun, rasa sakit di perut mungkin menandakan masalah yang lebih serius jika ada ketidaknyamanan ekstra yang dirasakan anak.


"Ketidaknyamanan seperti sakit perut di sisi kanan bawah, muntah, diare, perut terlalu lentur saat disentuh. Misalnya, jenis sakit perut ini bisa menandakan kondisi seperti usus buntu," jelas Biggers, dilansir Healthline.


Di samping itu, kondisi tersebut juga bisa membuat anak merasa tidak nyaman dengan tubuhnya, hingga menyebabkan mereka susah makan. Biggers menyarankan, jika sakit perut sudah terlalu parah lebih baik minta bantuan medis untuk penanganannya.

Meski begitu, ketika mendapati anak sakit perut dan mereka susah makan, Bunda bisa coba cara-cara berikut untuk mengatasinya, dilansir Medicine Health.

1. Berikan minuman pereda sakit perut

Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Sakit PerutCara Mengatasi Anak Susah Makan karena Sakit Perut/ Foto: iStock


Minuman pereda sakit perut yang bisa dikonsumsi anak seperti teh hangat atau minuman dengan campuran jahe. Jangan berikan anak susu, jus buah, minuman berkarbonasi atau soda, minuman berkafein seperti kopi, karena perut mungkin sensitif dengan cairan tersebut.

2. Mulai dengan makanan ringan

Anak terutama yang sudah lebih besar akan memberi tahu kita kapan saatnya mereka bisa kembali mengonsumsi makanan padat. Jadi, mulailah perlahan, coba dengan beberapa biskuit ringan atau buah seperti pisang. Setelah sakit perutnya sudah mulai membaik, barulah mulai dengan makanan berat seperti biasa.

3. Jangan dipaksa

Ketika anak belum mau makan karena perutnya sakit, jangan dipaksa, Bunda. Lebih baik membiarkannya istirahat untuk memulihkan kondisinya.


Simak juga manfaat bawang putih dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi