Sign Up search


parenting

4 Gaya Pengasuhan Orang Tua, Mana yang Bunda Terapkan?

Zika Zakiya Jumat, 14 Feb 2020 15:48 WIB
4 Gaya Pengasuhan Orang Tua, Mana yang Bunda Terapkan? Ilustrasi gaya pengasuhan/Foto: iStock
Jakarta - Bukan hanya gaya baju yang berbeda, Bun. Gaya pengasuhan seseorang pun bisa berbeda antara satu sama lain. Coba saja Bunda sharing dengan sesama Bunda, jawabannya pasti berbeda.

Dilansir buku The Danish Way of Parenting, psikolog perkembangan mengkategorikan gaya pengasuhan menjadi empat jenis. Mana yang merupakan gaya pengasuhan Ayah dan Bunda?


1. Otoriter
Orang tua jenis ini banyak menuntut dan tidak responsif. Mereka menuntut kepatuhan dan mempunyai standar tinggi. Anak-anak dari orang tua otoriter biasanya berhasil di sekolah, tetapi kadang mempunyai penilaian diri yang rendah, depresi, dan keterampilan sosial yang payah.


Anak tidak didorong untuk menanyakan mengapa: mereka didorong untuk melakukan apa yang diperintahkan. Biasanya orang tua yang otoriter mengasuh seperti ini karena dengan cara seperti itulah mereka dibesarkan.

Ilustrasi orang tuaIlustrasi orang tua/ Foto: iStock

2. Berwibawa
Berbeda dengan otoriter, orang tua jenis ini juga menuntut tapi mereka responsif. Mereka punya standar tinggi dan suportif pada disiplinnya. Anak-anak dari orang tua berwibawa dinilai lebih kompeten secara sosial dan intelektual dibanding anak-anak jenis orang tua lainnya.


3. Permisif
Orang tua ini sangat responsif, tetapi kadang sangat menuntut perilaku matang dari anak. Malah lebih tergantung pada kemampuan anak dalam mengatur diri sendiri. Anak-anak dari orang tua jenis ini cenderung mempunyai masalah di sekolah dan perilaku secara umum.

4. Tidak terlibat
Orang tua jenis ini tidak responsif atau menuntut. Anak-anak dari orang tua jenis ini biasanya kurang cakap di semua area.

Coba Bunda lihat lagi dan cocokkan dengan gaya pengasuhan di rumah. Beda lagi dengan mantan seleb cilik, Chikita Meidy, yang mencoba menepis mitos-mitos pengasuhan anak. Simak di video berikut ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi