Sign Up search


parenting

Cara yang Bisa Dipraktikkan Orang Tua untuk Dukung Minat dan Bakat Anak

AFN Minggu, 15 Mar 2020 18:57 WIB
Cara yang Bisa Dipraktikkan Orang Tua untuk Dukung Minat dan Bakat Anak Ilustrasi hobi anak/Foto: iStock
Jakarta -
Sebagai orang tua tentunya kita ingin anak mendapatkan hal yang terbaik ya Bun. Salah satu upayanya adalah mendukung apa yang menjadi hobinya.

Hobi tidak hanya bagus untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri si kecil, tapi juga dapat menguntungkan mereka di bidang sosial, fisik, maupun mental. Nah, penting bagi kita sebagai orang tua untuk mengetahui apa minat dan bakat anak yang perlu dikembangkan.
Berikut tiga cara yang bisa orang tua lakukan untuk mendukung minat serta bakat anak. Pertama, ajak anak membahas sesuatu yang ia suka dan tidak suka. Dari bahasan tersebut, nantinya akan dapat disimpulkan kegiatan jenis apa yang menjadi minat dan kemungkinan bakatnya.

Kedua, ajak anak menulis apa yang menjadi kesukaannya. Tidak perlu banyak-banyak bun, cukup lima saja. Dari seluruh yang ia tulis, Bunda bisa meminta anak memilih salah satu yang menjadi favoritnya.


Dari pilihan tersebut anak akan menceritakan alasan mereka memilihnya. Sebagai orang tua, kita bisa memikirkan sekiranya apa yang berpotensi menjadi hobi dan bakatnya. Sebagai contoh, jika anak hobi membaca komik, Bunda bisa mengenalkannya dengan les menggambar agar anak bisa belajar caranya menggambar kartun.

Ketiga, jangan memaksakan anak untuk mengikuti les yang tidak ia inginkan atau sukai. "Salah besar jika orang tua berpikir lebih baik mengikuti les, daripada bermain," ujar Maria Limyati, MPsi Selaku dosen Universitas Sanata Daharma dikutip dari detikcom.
Cara yang Bisa Dipraktikkan Orang Tua untuk Dukung Minat dan Bakat Anak.Foto: Instagram

Bagi Maria, les sebetulnya dapat juga menjadi sarana pengembangan bakat bagi anak. "Boleh saja tetap dilakukan, hanya jika les tersebut sesuai dengan minat dan mengembangkan bakatnya," tambahnya.

Selanjutnya, penting juga bagi anak untuk memilih sendiri hobinya. Memaksakan anak menyukai kegiatan yang orang tua sukai itu tidak baik Bun. Dengan memaksakan hal tersebut, tentunya sudah keluar dari tujuan awal yakni agar anak terlibat dan membangun potensi yang secara alami disukainya.


Bunda juga bisa mengenalkan kegiatan-kegiatan positif yang baru bagi anak. Hal ini bertujuan agar anak dapat lebih banyak tahu berbagai kegiatan yang mungkin saja menjadi pengalaman baru baginya.

Semoga bisa membantu Bunda menemukan hobi anak ya.

Bunda juga bisa nonton video pengembangan hobi anak berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(AFN)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi