Sign Up search


parenting

Perkembangan Bayi 3 Bulan dan Hal yang Wajib Bunda Khawatirkan

Jujuk Ernawati Rabu, 18 Mar 2020 05:40 WIB
Perkembangan Bayi 3 Bulan dan Hal yang Wajib Bunda Khawatirkan Ilustrasi bayi/Foto: iStock
Jakarta - Mengasuh bayi bukan pekerjaan yang mudah, tapi bisa dikatakan melelahkan ya, Bun. Meski begitu, pertumbuhan bayi dari hari ke hari menjadi hal yang dinikmati setiap orangtua.

Dan ketika bayi Anda berusia 3 bulan, ada momen-momen emas, seperti dia akan lebih responsif dan memberikan beberapa ekspresi. Bahkan, bayi 3 bulan mungkin sudah mulai mengoceh jika diajak bicara.




Saat bayi pada usia ini, Bunda mungkin beruntung. Itu karena bayi kemungkinan tidur lebih lama dan rewelnya pun akan lebih tenang dibanding sebelumnya.

Bayi 3 bulan sudah bisa apa saja?

Pada usia 3 bulan, bayi Anda akan belajar beberapa hal. Dikutip dari New York Times, berikut lima hal yang umumnya bisa dilakukan bayi berusia 3 bulan:

1. Melihat dunia secara berbeda

Visi bayi Anda menjadi lebih jelas. Dia mungkin akan mengikuti pergerakan dan mengenali Anda serta orang dekat di sekitar Anda. Dia akan mengamati dan memainkan jari-jari dan tangannya.

Bayi Anda juga akan menikmati melihat diri sendiri di depan cermin. Kadang jika melihat sesuatu, matanya mungkin tidak sinkron atau menyilang (juling) tetapi tidak selalu. Koordinasi tangan dan matanya pun jauh lebih baik di usia ini.

2. Tersenyum

Bayi Anda akan mulai tersenyum, baik secara sengaja atau sebagai tanggapan terhadap senyum Anda. Dia mulai memahami permainan dan mungkin mencoba meniru ekspresi wajah dan suara Anda. Ini merupakan salah satu mode komunikasi bayi Anda, yakni lewat ekspresi wajah dan gerakan tubuh.

3. Berceloteh

Bayi usia 3 bulan suka mendengar suara Anda dan mungkin mencoba berbicara dengan Anda, lho Bun. Dia berkomunikasi dalam bahasa celotehnya sendiri dan paling sering berdesis.

Ketika Anda sedang berbicara, mungkin dia akan berbalik atau mencari keberadaan Anda. Dia mungkin bisa membedakan dari mana suara berasal dan bisa bergerak ke arah mereka. Itu karena indera bayi di usia ini menjadi lebih tajam. Dia pun tahu kapan waktu makan dan semangat ketika sudah waktunya menyusui atau ketika botol susu ada dalam pandangannya.

4. Tubuhnya lentur

Bayi 3 bulan sudah benar-benar mulai bergerak. Dia mungkin bisa mengangkat kepala 5-8 centimeter (cm). Dia mungkin bisa melenturkan otot-ototnya dan mendorong lengannya ketika tengkurap. Dia semakin kuat.

Dia juga lebih mampu membuka dan menutup tangannya (mengepalkan). Jika Anda memegang tangannya, dia bisa menahan dan menggerak-gerakkannya. Dia juga akan mengangkat kakinya dan menendang-nendang.

Dia akan memasukkan jari-jarinya ke dalam mulut atau mungkin jempolnya akan dihisap dijadikan layaknya 'dot' baru. Dia menjadi lebih penasaran dan akan meraih benda-benda di sekitarnya. Kemudian, dia akan memainkannya dan mungkin memasukkannya ke dalam mulut.

{SEO} Perkembangan Bayi 3 Bulan dan Hal yang Wajib Dikhawatirkan BundaIlustrasi bayi/Foto: iStock


Yang dipelajari bayi 3 bulan

Bayi menggunakan mata mereka untuk menguraikan apa yang terjadi di sekitarnya. Pada usia 3 bulan, kemampuan visualnya berkembang pesat.

Dan saat usianya 2 bulan, bayi hanya bisa melihat objek dari jarak dekat, namun sekarang dia bisa mengenali wajah Anda dari seberang ruangan. Itu karena visi warna dan koordinasi matanya berkembang.

Sementara otot bagian atas dan bayi mulai menguat. Ketika Bunda menggendongnya dengan tegak, bayi kadang akan sedikit menggerakkan kepala. Perkembangan otot ini bersamaan dengan kekuatan otot yang tumbuh di lengan, kaki dan tubuhnya yang sangat penting untuk duduk, merangkak, dan berjalan. Perkembangan otot penting untuk kemampuannya makan secara mandiri.

Namun saat mendapat keterampilan baru, bayi juga kehilangan keterampilan lama yang sudah tidak dibutuhkan. Misalnya, refleksnya yang mengejutkan akan mulai menghilang. Ketika refleks terus menghilang, bayi akan mengembangkan lebih banyak kontrol tubuh dan akan bisa berguling.

Dia juga menemukan cara baru untuk berkomunikasi. Menangis tidak lagi menjadi bentuk komunikasi bayi Anda. Kemungkinan dia akan belajar mengoordinasikan lidah dan bibirnya untuk membuat suara.

Dan Bunda harus tahu bahwa bayi tiga bulan akan tidur 14-16 jam sehari. Jika bayi sulit tidur di malam hari, biasakan rutinitas sebelum tidur, seperti menawarkan makanan dan memberikan pelukan erat untuk membantunya lebih mudah tidur di malam hari. Namun jika bayi masih sulit tidur karena prematuritas, berat badan atau faktor lain, Bunda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Begitu juga jika bayi masih sangat rewel, Bunda harus memenuhi kebutuhannya dan berada di dekatnya. Jika sudah dilakukan tapi bayi masih rewel atau menangis dalam waktu yang lama hingga mengeluarkan suara aneh atau warna tubuhnya berubah, segera hubungi dokter untuk mengetahui penyebab kerewelannya.

Soal baby talk yang merupakan aktivitas komunikasi dengan menggunakan nada tinggi, lagu-nyanyian, berulang-ulang atau bersemangat secara emosional, apakah bisa menghambat kemampuan bicara anak? Dijelaskan Kidshealth.org bahwa berbicara dengan bayi menggunakan cara ini tidak terkait dengan keterlambatan bahasa, bahkan bayi berusia 3 bulan merespons lebih baik suara-suara bernada tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang berbicara dengan cara ini mungkin lebih siap untuk membedakan suara dan dapat belajar kata-kata baru lebih cepat.



Kapan Bunda harus khawatir?

Bayi berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda, Namun perilaku atau keterlambatan tertentu dalam perkembangannya bisa menimbulkan kekhawatiran. Nah, jika menemukan hal-hal seperti di bawah ini pada bayi Anda, Bunda bisa segera menghubungi dokter:

- Tidak bisa mendengar suara keras
- Tidak bisa mengikuti Anda atau objek yang bergerak
- Memiliki kontrol kepala dan leher yang buruk
- Sepertinya tidak tertarik dengan wajah baru
- Mata bayi terlalu sering terlihat tidak sinkron
- Menangis berlebihan

Bunda juga bisa simak tips mengganti popok pada bayi pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]





(jue/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi