Sign Up search


parenting

Bunda, Cari Tahu Yuk Berat dan Panjang Normal Bayi 3 Bulan

Jujuk Ernawati Rabu, 18 Mar 2020 15:07 WIB
Bunda, Cari Tahu Yuk Berat dan Panjang Normal Bayi 3 Bulan caption
Jakarta - Setelah bayi lahir, salah satu kekhawatiran terbesar orangtua adalah memastikan bahwa buah hatinya tumbuh normal. Itu karena panjang dan berat badan yang normal menunjukkan bahwa bayi itu tumbuh sehat.

Namun karena cuma dokter yang bisa menunjukkan apa yang normal bagi bayi tertentu, pemeriksaan rutin diperlukan untuk memastikan bayi dalam keadaan sehat.




Berat dan panjang bayi

Karena semua bayi dilahirkan dengan ukuran, kehamilan dan DNA yang berbeda, maka tak bisa mengidentifikasikan suatu ukuran berat atau panjang badan normal yang sama rata. Sebab keadaan awal mereka semua berbeda, namun pertumbuhan bayi pada usia ini diharapkan jadi patokan bayi tumbuh normal.

Untuk bayi berusia kurang dari enam bulan diperkirakan tumbuh panjang sekitar 1,5 hingga 3 centimeter (cm) dan berat bertambah antara 500 hingga 700 gram setiap minggu.

Panjang

Dikutip dari Baby Center, pada usia tiga bulan, bayi perempuan normalnya punya panjang sekitar 59,8 cm. Sedangkan panjang bayi laki-laki sekitar 60,8 cm.

Ukuran ini pengecualian untuk bayi prematur, ya Bun. Mereka akan memiliki kriteria lain untuk dijadikan referensi dalam keadaan tersebut.

Berat

Sementara pada usia tiga bulan, bayi laki-laki normalnya memiliki bobot sekitar 6,4 kilogram (kg). Sedangkan bayi perempuan punya berat 5,8 kg.

Ilustrasi bayi/Foto: Getty Images/ozgurcankaya


Faktor yang mempengaruhi

Seberapa cepat bayi tumbuh dan apakah normal, itu didasarkan pada banyak faktor. Faktor itu, dikutip dari livestrong, termasuk apakah bayi itu mengonsumsi air susu ibu (ASI) atau susu formula.

Meski menyusui hingga usia enam bulan adalah satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan, namun beberapa bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup dan sulit untuk memastikan apa yang mereka dapatkan.


Dokter biasanya mengecek seberapa sering bayi makan dan berapa lama bertahan, berapa sering dia buang air kecil, frekuensi, volume dan buang air besarnya.
Nah, hal lain yang harus menjadi perhatian Bunda dari bayi usia dini, seperti bayi harus buang air kecil setidaknya 4-6 kali sehari. Di samping itu, bayi yang tidak mendapatkan cukup makan, mungkin akan menangis atau lapar setelahnya.

Bayi usia 3-5 bulan yang diberi susu botol atau susu formula harus mengonsumsi 887-945 mililiter (ml). Bayi setidaknya menyusui 6 sampai 8 kali sehari. Sementara bayi yang minum ASI harus menyusui setiap 3 jam selama 10 menit tiap kali menyusu.

Bunda bisa simak drama ASI Marissa Nasution di video ini yuk:


[Gambas:Video Haibunda]





(jue/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi