Sign Up search


parenting

Mengatur Pola Tidur Bayi 3 Bulan Supaya Bunda Cukup Istirahat

Annisa Afani Rabu, 18 Mar 2020 11:10 WIB
Mengatur Pola Tidur Bayi 3 Bulan Supaya Bunda Cukup Istirahat caption
Jakarta - Bun, ternyata punya bayi yang baru lahir sangat mempengaruhi jam tidur ayah dan Bunda ya? Bayi usia 0-3 bulan akan selalu terbangun di malam hari dari tidurnya.

Dikutip dari buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun, dibutuhkan waktu sekitar 16-17 jam bagi bayi baru lahir untuk tidur. Selanjutnya, mereka akan terbangun setiap 2 hingga 4 jam sekali untuk menyusui.


Dalam usia ini, tidur bayi adalah fenomena yang selalu berubah dan sangat tidak teratur. Bahkan beberapa bayi hanya akan tidur dengan sendirinya apabila mereka sudah merasa lelah. Normalnya, bayi usia 3 bulan memiliki waktu tidur malam sekitar 10-11 jam, dan tidur siangnya sekitar 4-5 jam.


Agar dapat sedikit menyelaraskan waktu tidur Ayah, Bunda, dan si kecil, mengatur pola tidurnya ternyata juga perlu dilakukan lho Bun. Berikut sudah HaiBunda rangkum beberapa tips mengatur pola tidur bayi dengan mudah:

Atur pola tidur

Perlu waktu bagi bayi baru lahir untuk membedakan siang dan malam. Untuk hal tersebut, tidak ada hal yang perlu dilakukan selain mengatur jadwal tidurnya agar ia dapat terbiasa.

Lalu saat tidur pun, Bunda harus memperhatikan situasinya agar menciptakan situasi yang aman baginya. Beri bayi pakaian yang nyaman atau selimut jika dibutuhkan. Selain itu, jauhi barang-barang di sekitarnya yang dapat mengganggu, seperti mainan atau boneka.

Untuk menghindari risiko kematian bayi mendadak (SIDS), bayi berusia di bawah usia 5 bulan perlu diperhatikan juga dengan posisi tidurnya. American Academy of Pediatrics di tahun 1992 menyarankan agar bayi tidur dengan posisi miring atau terlentang.
Mengatur Pola Tidur Bayi 3 Bulan Supaya Bunda Cukup IstirahatFoto: iStock

Membuat jam tidur di malam hari

Bunda, saat akan tidur bersama bayi, usahakan lampu kamar tidak terlalu terang. Di samping itu, jangan terlalu banyak mengajaknya ngobrol atau bermain.

Jika Bunda dapat melakukan hal tersebut, bayi akan lebih mudah dan berpikir bahwa malam adalah waktu untuk tidur. Itu pun akan menjadi kebiasaan baginya.

Lalu ada juga yang mengatakan bahwa bayi yang terjaga selama siang hari akan membuat tidur malamnya lebih panjang karena ia merasa lelah. Tindakan tersebut tidak benar ya Bun.

Dilansir dari detikcom, bayi akan merasa tidak nyenyak tidur pada malam apabila terlalu lelah dan terjaga saat siang hari.

Untuk memulai kebiasaan tidur yang tepat, Bunda bisa memulai dengan melakukan rutinitas pengantar tidur seperti menyanyikannya lagu atau membacakan buku. Bayi tidak akan mudah untuk mengerti apa yang Bunda lakukan, namun hal tersebut menjadi langkah awal dan juga bermanfaat untuk memulai kebiasaan tersebut untuknya.


Saat bayi mulai rewel saat tidur, Bunda bisa menggendongnya sampai kembali terlelap. Bunda pun perlu memanjakan bayi dengan cara menggendongnya. Penelitian pernah menyebutkan bahwa bayi yang sering digendong, tingkat rewelnya akan menurun.

Nah dengan mengetahui pola tidur bayi 3 bulan dan mengaturnya, Bunda pun bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Lihat juga yuk Bun tips mencari kado untuk bayi baru lahir di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(AFN/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi