Sign Up search


parenting

Apakah Vaksin Influenza Efektif Cegah Corona?

Zika Zakiya Senin, 16 Mar 2020 14:04 WIB
Apakah Vaksin Influenza Efektif Cegah Corona? caption
Jakarta - Seseorang yang terpapar Virus Corona memiliki gejala yang hampir mirip dengan influenza. Jadi, apakah dengan memberikan vaksin influenza akan bisa mencegah datangnya corona ke tubuh kita?

Pertanyaan ini datang dari salah satu Sahabat HaiBunda dalam sesi sharing Kuliah WhatsApp bersama komunitas Birth Club September 2018 beberapa waktu lalu. Narasumber yang kami hadirkan adalah dr. Irene Fenia dari RS Atma Jaya.


"Ada berita dari teman saya yang tinggal di Malaysia. Dia dianjurkan oleh DSA-nya (dokter spesialis anak -Red) untuk vaksin influenza agar terhindar dari Corona. Apakah benar hal ini? --Nina


Jawab: Virus Influenza berbeda dengan Virus Corona, sehingga pemberian vaksin Influenza tidak efektif dalam mencegah infeksi dari Virus Corona. Namun, vaksin Influenza dapat diberikan untuk pencegahan infeksi sekunder akibat Virus Corona.

Sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan DSA mengenai pemberian imunisasi/vaksin. Karena pemberian vaksin ada indikasinya sesuai dengan kondisi dan usia anak.

Ilustrasi influenzaIlustrasi influenza/ Foto: thinkstock

"Apakah jika terlalu bersih anak lebih rentan sakit jika terpapar virus/bakteri jahat? Jika orang yang sudah terpapar virus misalnya virus corona, jika berinteraksi lagi dengan carrier corona sudah menjadi kebal? Seberapa efektifkah anti-virus untuk batuk-pilek pada anak usia kurang dari dua tahun? --Cecil

Jawab: Menjaga kebersihan dan kesehatan memang penting dalam mencegah terkenanya suatu penyakit. Masalah kerentanan seseorang terhadap paparan Virus/Bakteri berbeda-beda, tetapi secara umum dipengaruhi oleh sistem imun masing-masing anak yang berbeda.


Ada beberapa jenis patogen (Virus/Bakteri) yang menyebabkan kekebalan pada tubuh seseorang apabila sudah terpapar. Namun, hingga saat ini belum cukup data penelitian untuk mengambil kesimpulan tentang kekebalan pada Virus Corona.

Penggunaan anti-virus untuk batuk-pilek biasa/selesma pada anak maupun orang dewasa kurang bermanfaat. Namun, Bunda sebaiknya tetap memeriksakan diri langsung ke dokter untuk memastikan dibutuhkannya penggunaan obat anti-virus pada anak. Pemberian obat harus didasari dari riwayat perjalanan penyakit pasien serta pemeriksaan fisik yang dilakukan langsung oleh dokter. 

Sudah menjawab ya Bun soal pertanyaan influenza terkait dengan Corona ini? Jika sudah, yuk simak video yang menguak mitos kerokan yang disebut bisa menyembuhkan sakit dari tubuh. 

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi