Sign Up search


parenting

7 Mainan yang Bisa Dijadikan Ide untuk Kado Bayi

Siti Hafadzoh Senin, 23 Mar 2020 16:01 WIB
7 Mainan yang Bisa Dijadikan Ide untuk Kado Bayi 7 Mainan yang Bisa Dijadikan Ide untuk Kado Bayi/ Foto: iStock
Jakarta - Sejak lahir, bayi membutuhkan berbagai objek untuk merangsang perkembangannya. Salah satunya dengan memberikan mainan kepada bayi.

Makanya, mainan menjadi salah satu ide kado yang tepat untuk bayi nih, Bun. Mainan bahkan bisa diberikan sejak bayi baru lahir.


"Bayi dari lahir sampai ulang tahun pertamanya mempelajari tentang bagaimana dunia yang baru dan menakjubkan ini bekerja," kata Rebecca Parlakian, direktur program Zero to Three dikutip dari Fatherly.


Nah, berikut ini mainan yang bisa Bunda berikan sebagai kado untuk bayi.

1. Rattle

Mengutip Firstcry Parenting, rattles bisa menjadi pilihan kado mainan yang bagus untuk bayi baru lahir. Selain desainnya yang lucu dan menggemaskan, rattle bisa jadi mainan yang menyenangkan untuk bayi.

Mainan ini mendukung tumbuh kembang bayi. Rattle dapat mendorong perkembangan penglihatan, pendengaran, dan motorik bayi.

2. Teether

Ketika bayi mulai tumbuh gigi, mereka membutuhkan mainan yang bisa digigit. Nah, teether bisa jadi kado yang tepat untuk bayi.

Ada berbagai bentuk teether yang lucu-lucu dengan warna terang dan menarik perhatian bayi. Pastikan juga teether terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun ya.

"Mereka menaruh semuanya di mulut mereka. Semuanya. Jadi, semua yang Anda beli, ketahui ini akan masuk ke mulut mereka," kata Dr Patricia Cantor, profesor pendidikan anak usia dini dikutip dari The Strategist.

Meski enggak akan langsung terpakai, tapi theeter akan berguna di usia 5 bulan ke atas.

3. Play gym

Play gym atau activity mat bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk bayi. Dilansir Babylist, mainan ini dapat mendukung perkembangan bayi sejak lahir hingga beberapa bulan setelahnya.

7 Mainan yang Bisa Dijadikan Ide untuk Kado BayiIlustrasi playmat/ Foto: iStock
4. Cermin

Bayi suka melihat pantulan wajahnya sendiri. Meskipun bayi belum benar-benar memahami apa yang mereka lihat.

Bunda bisa berikan cermin mainan sebagai kado untuk bayi. Pilihlah cermin yang aman, tidak terbuat dari kaca dan sudut yang tumpul. Biasanya, cermin untuk bayi dilapisi dengan kain berwarna cerah dan gambar yang lucu.

5. Mainan musik

Mainan musik juga bisa dijadikan pilihan sebagai kado untuk bayi. Salah satunya, activity center. Dengan menekan tombol yang ada di mainan ini, anak bisa membunyikan musik yang berbeda-beda.

6. Bola sensori

Bola sensori memiliki tekstur dan warna yang berbeda-beda. Sehingga, mainan ini menarik untuk si kecil.

Selain itu, bola sensori mudah untuk digenggam dan dimainkan bayi. Mainan ini dapat merangsang perkembangannya juga lho, Bun.


7. Buku khusus bayi

Buku bisa dikenalkan kepada anak sejak dini. Salah satunya, dengan memberikan buku khusus bayi.

Biasanya disebut juga dengan soft book. Terbuat dari kain yang lembut, dan didesain dengan warna cerah. Selain itu, biasanya ada bahan yang bisa berbunyi dan tektur berbeda.

Buku khusus bayi ini juga dikemas dengan berbagai benda yang bisa menstimulasi perkembangannya. Misalnya, pita, cermin, dan halaman dengan warna-warna cerah.

Semoga ini membantu Bunda dalam memilih kado mainan untuk bayi.

Simak juga tips memilih mainan anak sesuai usianya di video berikut ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi