Sign Up search


parenting

10 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir, Popok Hingga Gendongan

Siti Hafadzoh Selasa, 24 Mar 2020 14:23 WIB
10 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir, Popok Hingga Gendongan 10 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir, Popok Hingga Gendongan/ Foto: iStock
Jakarta - Pada umumnya, kita akan membawa kado ketika menjenguk bayi baru lahir. Kado apa saja sih yang biasanya Bunda berikan?

Kado yang diberikan tentunya harus berguna untuk bayi baru lahir dan orang tuanya. Ada berbagai perlengkapan bayi yang bisa Bunda berikan untuk si kecil.


Nah, dikutip dari Firstcry Parenting, berikut 10 ide kado untuk bayi baru lahir.


1. Pakaian bayi

Bunda bisa pilih berbagai jenis pakaian bayi. Mulai dari sarung tangan, oto (pakaian dalam gurita), rompi, hingga sepatu. Perlu diingat, pilih baju bayi berbahan katun ya, Bun, dan hindari pakaian berbahan sintetis.

2. Popok

Kalau Bunda bingung mau belikan apa, popok bisa jadi salah satu alternatif ide. Popok sekali pakai sangat mudah ditemui di supermarket maupun minimarket. Tapi, pastikan popoknya sesuai dengan ukuran dan usia si bayi ya.

"Biasanya untuk bayi yang baru lahir, popok yang digunakan berbahan kain. Bayi baru lahir biasanya membutuhkan 70 hingga 90 popok untuk ganti popok per minggunya," kata dr.Priscilla Johanna, dari Go Dok.

4. Album foto bayi

Orang tua baru tentunya akan menyukai kado yang satu ini, Bun. Memberi hadiah album foto bayi dapat membantu orang tua mengabadikan momen-momen si kecil sejak lahir.

5. Rattle dan mainan musik

Mainan untuk bayi juga mudah ditemukan di toko-toko perlengkapan anak. Selain bentuknya lucu, mainan ini dapat menghibur dan membantu perkembangan bayi.

"Bayi baru lahir menikmati benda-benda yang mudah ditangkap dan bisa mereka jelajahi dengan aman menggunakan tangan dan mulut. Rattle, maracas, dan teether bertekstur sangat sempurna untuk itu," kata Rebecca Parlakian, direktur program di Zero to Three dikutip dari Fatherly.

10 Ide Kado untuk Bayi Baru Lahir, Popok Hingga GendonganIlustrasi bayi main rattle/ Foto: iStock
6. Gendongan bayi

Gendongan bayi dapat memudahkan orang tua baru untuk membawa si kecil. Perhatikan juga petunjuk gendongan itu untukĀ bayi berusia berapa bulan. Untuk bayi baru lahir, biasanya terdapat sanggahan untuk menopang lehernya.

7. Produk skincare untuk bayi

Tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan perawatan kulit, Bun. Sekarang sudah banyak merek skincare khusus bayi yang dijual di pasaran.

Bunda bisa memberikan satu set produk skincare bayi, termasuk sampo, body lotion, sabun bayi, serta tisu basah. Karena si kecil punya kulit yang sensitif, pastikan membeli produk yang memang khusus untuk bayi ya.

8. Tas popok

Tas popok alias diaper bag dapat menampung berbagai kebutuhan bayi ketika bepergian. Mulai dari popok sekali pakai, tisu basah, krim, dan pembersih. Sehingga, hadiah ini sangat berguna untuk ibu baru.

9. Alat-alat pengaman

Ketika memiliki bayi, orang tua baru membutuhkan berbagai barang tambahan supaya rumah menjadi aman untuk si kecil. Nah, Bunda bisa memberi hadiah berupa penutup stopkontak atau pengaman untuk sudut meja.


10. Sprei bayi

Sprei juga bisa menjadi pilihan kado yang bagus. Sebaiknya, pilih sprei dengan bahan yang cepat kering setelah dicuci. Sprei dengan motif-motif yang lucu bisa membuat bayi nyaman dan senang melihatnya ketika beranjak besar.

Semoga membantu Bunda yang sedang mencari ide kado untuk bayi ya!

Bunda juga bisa simak penjelasan apakah bayi baru lahir bisa dibedong berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi