sign up SIGN UP search


parenting

Putri Diana & Pangeran Charles Cerai, Mental Pangeran William Jadi 'Korban'

Muhayati Faridatun Kamis, 30 Apr 2020 11:55 WIB
Putri Diana & Pangeran Charles Cerai, Mental Pangeran William Jadi 'Korban' caption
Jakarta - Anak bisa jadi 'korban' perceraian orang tua, seperti yang dialami Pangeran William. Sang Putra Mahkota sempat mengalami gangguan mental akibat kemelut rumah tangga Putri Diana dan Pangeran Charles.

Diketahui, pada 9 Desember 1992, Perdana Menteri Inggris kala itu, John Major mengumumkan perpisahan Putri Diana dan Pangeran Charles. Pasangan yang menikah pada 29 Juli 1981 itu akhirnya resmi bercerai pada 1996.


Dikatakan penulis biografi Kerajaan Inggris, Sarah Bradford, mental Pangeran William, yang saat itu baru menginjak 14 tahun, sangat terpengaruh akibat perceraian orang tuanya. Ia lalu membandingkan dengan kondisi adik William, Pangeran Harry, yang ketika itu masih 12 tahun.


"Harry, tentu saja tetap terpengaruh, tapi saya pikir William lebih sensitif dan lebih terpengaruh, katakanlah oleh penderitaan ibunya," ungkap Bradford, dalam tayangan dokumenter Kate: The Making of a Modern Queen di ITV, pada 2017.

"Saya pikir, dia cukup serius dipengaruhi oleh hubungan buruk orang tuanya," tegasnya, dikutip dari Express.

Putri Diana bersama Pangeran William dan Pangeran HarryPutri Diana bersama Pangeran William dan Pangeran Harry/ Foto: Instagram
Sementara, dalam wawancara bersama jurnalis BBC, Martin Bashir, di program Panorama, Putri Diana mengatakan, dialah yang pertama kali memberi tahu William soal perpisahannya dengan Pangeran Charles. Ya, mereka berpisah pada 1992 saat William baru berusia 10 tahun.

"William bertanya kepadaku, apa yang sedang terjadi dan aku tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaannya," ucap Putri Diana.

"Dia menanyakan, apa alasan pernikahan kami berakhir? Dan aku katakan, ada kami bertiga dalam pernikahan ini, tekanan dari media adalah faktor lain, jadi kami sangat sulit untuk bersama."

Seperti diketahui publik, perselingkuhan Pangeran Charles dan kekasih lamanya, Camilla Rosemary Shand, jadi penyebab utama perceraian dengan Putri Diana. Karena William masih anak-anak, Putri Diana pun menjelaskan dengan cara yang halus.

"Meskipun aku masih mencintai Papa (Charles), aku tidak bisa lagi hidup satu atap dengannya, begitu juga dengan dia," tutur perempuan bernama lahir Diana Spencer Frances ini.

Lantaran Harry baru berusia 8 tahun saat itu, Putri Diana pun memutuskan tidak memberitahunya tentang perpisahan tersebut.


Bunda, simak juga jawaban Lenna Tan saat anak bertanya soal perceraian. Di video Intimate Interview berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi