sign up SIGN UP search


parenting

Anak Diam-diam Ambil Uang Milik Orang Tua, Apa yang Harus Dilakukan?

Kinan Selasa, 12 May 2020 19:05 WIB
Anak Diam-diam Ambil Uang Milik Orang Tua, Apa yang Harus Dilakukan? caption
Jakarta - Pengenalan tentang uang menjadi salah satu hal yang sebaiknya diajarkan orang tua pada anak sedini mungkin. Tapi bagaimana jika anak justru jadi suka diam-diam mengambil uang milik orang tua?

Wajar jika muncul rasa marah dan kecewa, Bun. Namun, memberikan pengertian tentang arti uang dan melatih sikap anak tetap menjadi kuncinya.


"Mencuri bukan sekadar tentang pola asuh, tapi juga tentang cara anak menyelesaikan masalah finansial yang dimilikinya. Ini perlu menjadi perhatian orang tua," ungkap pakar pola asuh, Carole Banks, dikutip dari Empowering Parents.


Banks meyakini bahwa jika direspons dengan tepat, perilaku anak-anak seperti ini bisa diubah.

Pada anak yang berusia di bawah 6 tahun, mungkin ia belum memahami tentang benar dan salah terkait mengambil uang orang lain. Otak mereka belum cukup berkembang untuk berpikir di luar diri mereka sendiri dan tentang orang lain.

Dalam kasus ini, fokuslah untuk mengajarinya keterampilan berbagi, Bun. Ajari dia untuk mau mengungkapkan apa yang ingin dia miliki. Ajari juga untuk sabar, mau menunggu waktu dan tidak mengambil barang orang lain.

Little boy holds a one-dollar currency note. Kids and money concept. Training in handling money.Ilustrasi uang dan anak. (Foto: iStock)

Pada anak usia di atas 9 tahun, mencuri uang bisa menjadi sesuatu yang lebih serius. Latih anak untuk meminta maaf dan jelaskan bahwa mengambil sesuatu tanpa bertanya itu salah.

Dikutip dari Very Well Family, mencuri dapat memiliki banyak konsekuensi hukum, sosial, dan emosional untuk anak. Maka dari itu, strategi kedisiplinan pun jadi penting.

Apabila perilaku ini masih menjadi masalah berkelanjutan, segera cari bantuan profesional. Konselor dapat mengidentifikasi penyebab yang mendasari terjadinya perilaku tersebut.


Simak juga tips ajari anak menabung dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi