sign up SIGN UP search


parenting

Ukuran Tepat Takaran Minum Anak untuk Usia 4 - 12 Tahun

Zika Zakiya Rabu, 20 May 2020 10:40 WIB
A cute little boy having a drink of water with breakfast Ilustrasi anak minum air putih/Foto: iStock
Jakarta -

Jangan kecilkan manfaat air putih untuk anak, Bun. Sebab, anak yang mengalami dehidrasi sekitar dua persen saja sudah bisa menyebabkan gangguan performa, atensi (perhatian), memori, dan keterampilan.

Demikian disampaikan dr.Bernie Endyarni Medis,Sp.A(K),M.P.H sebagai spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RSCM. "Status hidrasi yang sehat pada anak akan membantu mengoptimalkan fungsi kognitif. Yaitu fokus, fungsi, memori, dan ketahanan fisik untuk mendukung performa anak di sekolah," tulis dr.Bernie dalam pemaparannya 'Hidrasi Sehat untuk Keluarga Sehat di Bulan Ramadhan'.

Agar anak bisa terhidrasi dengan tepat, ternyata ada takaran sesuai dengan usianya. Daftarnya sebagai berikut;


1. Anak usia 4 - 6 tahun = 6 gelas per hari
2. Anak usia 7 - 12 tahun = 7 gelas per hari
3. Anak usia lebih dari 12 tahun = takaran orang dewasa
4. Dewasa = wanita 7 gelas (1,8 liter per hari); pria 8 gelas (2 liter per hari).

ilustrasi air putihilustrasi air putih/ Foto: Instagram

Ditambahkan dr.Bernie dalam pemaparannya bahwa air tidak dihasilkan dari dalam tubuh manusia. Maka itu pastikan anak terpenuhi kebutuhannya dengan menyediakan air minum yang sehat.

"Anak yang terbiasa minum air putih sejak kecil akan membantu fokus atau konsentrasinya di sekolah sehingga akan membantu performanya," papar dr.Bernie lagi.


Yuk, Bun pelajari dengan lebih jelas manfaat air untuk kesehatan tubuh anak. Ada pula hadiah menarik untuk Bunda yang ikut dalam Kulwap ini. Kami tunggu ya, Bun :)Ikuti pemaparan lengkap mengenai manfaat hidrasi sehat pada anak melalui Kuliah WhatsApp bersama AQUA, Rabu (20/05/2020) pukul 13.00 - 15.00 WIB. Tema yang akan diangkat adalah 'Hidrasi Sehat untuk Keluarga Sehat di Bulan Ramadhan'. Bunda yang mau ikut bergabung, bisa mendaftarkan diri di sini.

Yuk, Bun pelajari dengan lebih jelas manfaat air untuk kesehatan tubuh anak! Ada pula hadiah menarik untuk Bunda yang ikut dalam Kulwap ini. Kami tunggu ya, Bun :)

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi