sign up SIGN UP search


menyusui

7 Manfaat Lemon untuk Ibu Menyusui, Salah Satunya Bikin Kurus

Annisa Karnesyia Selasa, 19 May 2020 14:21 WIB
Air Lemon caption
Jakarta -

Menyusui dapat menjadi tantangan yang cukup berat bagi sebagian ibu. Untuk itu, setiap ibu menyusui harus menjaga kesehatan agar pemberian ASI bisa berjalan lancar.

Seringkali ibu lupa memikirkan asupan nutrisi karena sibuk menyusui anaknya. Padahal menurut konsultan laktasi Melissa Kolten, jika ibu makan dengan buruk, nutrisi dalam tubuh yang akan dikorbankan.

"Tubuh akan mengambil apa yang diperlukan untuk membuat ASI sehat, lalu meningkatkan sisanya untuk si ibu. Itu dapat membuat ibu menyusui merasa kehabisan tenaga dan kelelahan," kata Kolten, dikutip dari Very Well Family, Senin (18/5/2020).


Bunda tetap bisa menyusui tanpa kendala kalau mengonsumsi makanan sehat, salah satunya air lemon. Air lemon dikatakan aman bagi ibu menyusui dan disarankan untuk diminum karena menyehatkan.

Dilansir Mom Junction, air lemon yang dibuat sendiri dari jus jeruk nipis segar lebih sehat daripada yang dijual di pasaran. Takaran paling tepat mengonsumsi air lemon adalah secukupnya, yaitu di pagi hari setelah bangun atau 30 menit setelah makan. Nah, berikut 7 Manfaat air lemon bagi ibu menyusui:

1. Menghidrasi

Bukti menunjukkan bahwa air lemon dapat meningkatkan hidrasi. Pada akhirnya, mendukung pasokan ASI yang optimal. Meski begitu, studi tentang ini masih terbatas.

2. Manajemen berat badan

Air lemon yang tanpa gula adalah minuman rendah kalori yang bisa menjadi pengganti ideal untuk minuman berkalori tinggi, seperti jus apel manis dan minuman ringan. Sebagai pengganti, air lemon dapat membantu mengurangi konsumsi kalori, Bunda.

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa jus air lemon mengandung polifenol yang membantu penurunan berat badan. Selain itu, dapat melawan resistensi cairan tubuh.

3. Kesehatan pencernaan

Studi menunjukkan bahwa buah jeruk dan lemon memiliki efek positif pada sistem pencernaan. Tentunya ini dapat memastikan penyerapan nutrisi yang lebih baik ya.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

4. Imunitas

Air perasan lemon dan beberapa jenis buah jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan beberapa zat mikro yang memiliki efek positif pada imunitas. Sebuah studi in vitro menunjukkan kemungkinan sifat antimikroba dari jus lemon yang mendukung imunitas.

5. Mengontrol gula darah

Berat badan berlebih saat hamil dapat berdampak pada kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang disebut naringenin ditemukan dalam lemon, dapat membantu mengatur kadar gula darah.

6. Kesehatan kardiovaskuler

Sebuah studi penelitian tentang lemon dan puasa air madu, menunjukkan efek penurunan tekanan darah pada individu yang sehat. Hal tersebut karena sifat lemon sebagai anti-inflamasi dari asam sitrat dan antioksidan.

7. Perawatan kulit

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam lemon memiliki sifat memperbaiki dan melindungi kulit. Selain itu, dapat memperkuat pembuluh darah. Konsumsi air lemon secara teratur dipercaya efektif mengurangi penuaan bagi ibu menyusui.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat sedang menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi