sign up SIGN UP search


parenting

#DiRumahAja, Coba Ide Camilan Sehat Ini untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Akfa Nasrulhak Jumat, 22 May 2020 16:25 WIB
Camilan Foto: shutterstock
Jakarta -

Saat berada di rumah aja, selalu sedia stok makanan dan camilan bagi si kecil ya Bun, biar nggak mudah bosan. Pastikan pula camilan yang dipilih itu sehat.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menjelaskan ngemil dalam bahasa lainnya disebut snacking tentulah sangat penting. Prinsip dari snacking ini adalah diberikan di antara 2 jam makan dengan kalori dan porsi yang kecil dari makanan utama.

Untuk memilih camilan yang hendak dikonsumsi si Kecil, Bunda harus memperhatikan potongan camilan, tekstur, dan nutrisi camilan. Menurut dr Muliaman, camilan yang sehat itu mengandung nutrisi tambahan vitamin dan mineral, dan juga tanpa pewarna dan pengawet."Tentunya camilan ini sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan zat gizi harian si kecil dan juga melatih motorikĀ oral atau oromotor dan motorik halus si kecil yang tentu penting dalam tumbuh kembang optimalnya," ujar dr Muliaman kepada HaiBunda, baru-baru ini.


"(Kandungan) gula dan garamnya juga jangan terlalu tinggi," tambahnya.

Selain itu, lanjut dr Muliaman, syarat utama camilan atau snaking untuk anak tentunya selain nutrisinya yang berkualitas seperti protein vitamin mineral juga tambahan functional food-nya. Harus diperhatikan porsinya jangan terlalu besar dan diberikan memang di antara jadwal makan utama.

"Dan yang penting selain disukai oleh si kecil. Pilihkan juga camilan yang bisa menstimulasi si kecil terutama oromotor dan motorik halusnya," jelas dr Muliaman.

Ilustrasi camilanIlustrasi camilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova

Ada beberapa ide camilan yang menyenangkan, kreatif, lezat dan kaya nutrisi yang akan disukai anak-anak mengutip Heraldnet.

1. Selai kacang yang dioles pada irisan apel atau seledri.

2. Popcorn atau campuran berbahan dasar sereal rendah gula dengan buah kering, kacang-kacangan, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan pala.

3. Wortel kecil dan mentimun yang dicelupkan ke hummus.

4. Buah segar yang sudah dipotong-potong

5. Puding buah.

6. Tortilla gandum yang diisi kacang dan sedikit keju. Gulung dan panggang di microwave selama 20 detik.

7. Buah segar dengan yogurt rendah lemak.

Sebagai stimulasi untuk tumbuh kembang si kecil, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar anak yang berusia 9-11 bulan dibiasakan untuk mendapat camilan sehat yang dapat digenggam tangannya sendiri. Jangan lupa perhatikan bahan camilan untuk si kecil, agar sebaiknya mengonsumsi camilan organik.

Menurut dr Muliaman, camilan organik artinya bahan-bahan dari kandungan misalnya beras, tepung gula atau susunya berasal dari pertanian dan peternakan organik. Mulai dari tanpa pestisida, pupuk buatan dan juga prosesnya tanpa dikasih pewarna dan pengawet kimia.

Salah satu camilan sehat yang praktis untuk diberikan pada si kecil sambil melatih aktivitas motorik adalah Milna Nature Puff. Camilan sehatĀ ini terbuat dari bahan organic serta bebas gluten yang baik untuk si Kecil.

Dengan bentuk yang unik dan tekstur yang mudah lumer, Milna Nature Puff Organic dapat membantu perkembangan fungsi oral dan stimulasi si kecil. Milna Nature Puff Organik memiliki 3 varian rasa yaitu Apple & Mix Berries, Banana, dan Cheese.

(akn/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi