sign up SIGN UP search


parenting

3 Permainan Sederhana yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil

Abu Ubaidillah Rabu, 20 May 2020 12:21 WIB
Kalbe caption
Jakarta -

Bunda tentu ingin si kecil tumbuh aktif dan cerdas, kan? Untuk itu Bunda perlu memaksimalkan pemberian nutrisi dan stimulasi saat masa pertumbuhan.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, otak anak mulai terbentuk sejak masih berada dalam kandungan. Saat usia 2 tahun otak terbentuk hingga 70% dan saat usia 5 tahun otak sudah terbentuk 90%.

"Pertumbuhan otak bisa terhambat perkembangannya oleh karena infeksi kronis pada bayi, kurangnya pemberian ASI dan kurang atau terlambat MPASI, stimulasi yang kurang dan nutrisi yang lain yang kurang terutama di 5 tahun pertama," jelas dr Muliaman kepada HaiBunda baru-baru ini.


Nah, karena waktu tak bisa kembali, Bunda harus benar-benar memaksimalkan masa pertumbuhan si kecil dengan memberinya nutrisi dan stimulasi agar kecerdasannya dapat tumbuh maksimal.

Salah satunya, selama di rumah Bunda bisa mencoba beberapa permainan seperti yang dilansir dari First Cry Parenting berikut yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kecerdasan serta kreativitas otak si kecil antara lain:

1. Puzzle

Teka-teki atau kegiatan tanpa pengawasan baik untuk meningkatkan keingintahuan si kecil. Permainan seperti puzzle bisa Bunda manfaatkan untuk membantu perkembangan otak si kecil dengan mengembangkan tingkat penalaran mereka serta koordinasi mata-tangan.

2. Petak Umpet

Permainan ini dimainkan oleh seluruh anak di dunia. Bunda bisa coba ajak si kecil main petak umpet di rumah untuk meningkatkan keterampilan analitis mereka. Untuk si kecil yang sedang berkembang, permainan ini bisa membantu mereka membedakan tempat persembunyian yang layak dan yang tidak.

3. Permainan Memori

Bunda bisa bermain dengan si kecil dengan cara menunjukkan sebuah gambar lalu mintalah si kecil untuk mengingat nama gambar tersebut kemudian ulangi dengan gambar yang lain. Permainan ini bisa membantu meningkatkan daya ingat si kecil.

dr Muliaman menambahkan, untuk mendukung peningkatan kecerdasan si kecil bisa dilakukan dengan memberikan nutrisi seperti omega 3 dan 6.

"Omega 3 dan Omega 6 serta nutrisi lain sering disebut dengan brain nutrition ada beberapa nutrisi untuk pembentukan otak dan untuk menyambungkan sel sel saraf supaya terkoneksi seperti protein alfa laktalbumin, lemak, omega 3 6, AA DHA, choline phospolipid dan lain-lain diperlukan untuk pembentukan dan koneksi sel saraf," jelas dr Muliaman.

Bunda juga bisa mendukung kecerdasan si kecil dengan memberinya Morinaga GUM, susu pertumbuhan dengan nutrisi lengkap yang bantu tingkatkan kecerdasan si kecil.

Morinaga GUM merupakan susu formula untuk meningkatkan kecerdasan multi talenta dan mempercepat daya tangkap dan daya ingat si kecil, faktor pertahanan tubuh ganda agar tidak mudah sakit dan nutrisi terserap maksimal sehingga nafsu makan meningkat dan faktor tumbuh kembang optimal agar sesuai usia si kecil.

(akn/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi