sign up SIGN UP search


parenting

Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini Ragam Camilan Sehat untuk Si Kecil

Akfa Nasrulhak Kamis, 14 May 2020 12:55 WIB
Ilustrasi Anak Ngemil caption
Jakarta - Menjaga daya tahan tubuh menjadi salah satu hal paling penting di tengah pandemi COVID-19. Terlebih, si kecil yang masih memiliki sistem imunitas yang belum mampu memerangi virus-virus yang masuk ke dalam tubuh.

Virus-virus pun dapat dengan mudah berkembang di dalam tubuh si kecil yang menyebabkan kesehatannya terganggu. Meski begitu, menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, gejala COVID-19 pada anak cenderung ringan atau bahkan bisa tanpa gejala.

"Memang angka pada anak relatif sedikit dibandingkan orang tua, tapi ada laporan di Indonesia anak-anak ini terinfeksi dan bahkan ada yang meninggal. Jelas anak-anak ini tetap mempunyai risiko karena sistem imunitasnya sendiri sebenarnya belum terbentuk dengan sempurna, karena diduga anak ini sering juga under report dan tidak bergejala atau ringan gejalanya," ujar dr Muliaman kepada HaiBunda, Kamis (14/5/2020).



Demi menjaga si kecil dari serangan virus Corona, salah satu upayanya Bunda bisa memberikan beberapa camilan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ada beberapa camilan sehat dan tentunya enak yang disukai si kecil seperti berikut ini:

1. Yoghurt

Yogurt mengandung bakteri probiotik yang bermanfaat. Sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang rutin mengonsumsi yogurt mengalami penurunan risiko terkena flu sekitar 19%, juga infeksi telinga dan radang tenggorokan. Karena itu, yoghurt baik dikonsumsi anak-anak.

2. Walnut

Walnut mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan lemak sehat. Kandungan asam lemak ini dipercaya dapat membantu melawan penyakit. Dalam sebuah studi pun ditemukan jika omega-3 dapat mengurangi infeksi pernapasan pada anak-anak.

3. Buah dan Sayur

Untuk membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak bisa juga diberikan buah-buahan dan sayuran. Terutama yang tinggi vitamin C seperti jeruk, strawberry, brokoli dan ubi.

dr Muliaman menambahkan, syarat camilan yang bagus untuk daya tahan tubuh anak pastinya harus mempunyai kalori yang cukup untuk memberikan tenaga buat si kecil dalam beraktivitas.


"Mengandung nutrisi protein, vitamin dan mineral dan ada nutrisi lain yang bisa membantu daya tahan tubuh seperti inulin," tambahnya.

Selain itu ketiga jenis makanan tersebut, Bunda juga bisa memberikan susu siap minum seperti dalam kemasan botol. Salah satu alternatifnya seperti Morinaga Chil*Go, susu steril dalam kemasan botol untuk menemani si kecil belajar #DiRumahAja.

Morinaga Chil*Go dilengkapi dengan Serat Pangan Inulin, 10 Vitamin dan 5 Mineral seperti Kalsium, Zinc, Vitamin A, C, dan E untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga dan Si Kecil. Serat Pangan Inulin memiliki kegunaan untuk membantu memelihara fungsi saluran pencernaan sehingga dapat mendukung daya tahan tubuh si kecil. (akn/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi