sign up SIGN UP search


parenting

Pentingnya Sembunyikan Ponsel Saat Bersama Anak, Jangan Dianggap Sepele

Kinan Selasa, 02 Jun 2020 08:35 WIB
Orang tua menggunakan ponsel atau gadget depan anak caption
Jakarta -

Kedekatan antara orang tua dan anak sangat ditentukan oleh kuantitas waktu bersama. Namun selain itu, kualitas juga tak kalah penting lho, Bunda.

Oleh sebab itu, percuma saja sering bermain bersama jika Bunda masih sibuk bermain ponsel di samping si Kecil. Yuk mulai saat ini letakkan dulu ponsel di tempat lain saat sedang bersama anak.

"Berada di dekat perangkat elektronik bisa merugikan kualitas waktu orang tua bersama anak. Bahkan ada suara notifikasi bisa membuat pikiran orang tua tak lagi fokus pada anak bukan?" ujar konselor Kristen Race, PhD, dikutip dari Parents.


Meski mungkin terlihat sepele, tapi situasi ini seringkali juga menimbulkan berkurangnya rasa percaya anak terhadap orang tua. Anak tak lagi merasa sepenuhnya diperhatikan dan didengarkan.

Cobalah untuk lebih fokus memberikan waktu bersama anak, dengarkan apa yang menjadi keluhannya dan ajak anak melakukan kegiatan bersama tanpa ponsel.

Orang tua menggunakan ponsel atau gadget depan anakOrang tua menggunakan ponsel atau gadget depan anak. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

"Meski waktunya singkat, tetapi momen saat orang tua sepenuhnya hadir benar-benar dibutuhkan anak. Ini bahkan bisa memengaruhi perkembangan mental mereka," tutur konsultan keluarga sekaligus penulis Parenting With Presence, Susan Stiffelman.

Selain mendekatkan diri dengan anak, tidak dulu menggunakan ponsel ketika bersamanya juga turut membentuk kebiasaan anak pada ketergantungan gadget.

David Hill dari American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa praktik pengasuhan positif seputar teknologi mencakup role-modeling alias memberi contoh, Bunda.

"Perlihatkan perhatian orang tua saat ada dekat anak dengan tidak melulu bermain ponsel, terutama saat makan atau bermain bersama," imbuh Hill seperti dilansir Parent.co.

Nah, sudah siap untuk memberikan perhatian lebih banyak pada anak, Bunda?

Simak juga cara membuat anak mau makan tanpa menggunakan gadget dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!