sign up SIGN UP search


parenting

Bunda Perlu Tahu, 4 Tanda Anak Alergi dan Cara Mengatasinya

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Rabu, 10 Jun 2020 18:33 WIB
ilustrasi anak sakit caption
Jakarta -

Ketika mulai mengenal makanan, anak mungkin saja mengalami alergi. Ada berbagai makanan yang bisa memicu alergi pada anak.

Menurut dr.Reisa Broto Asmoro, untuk mengenali apa yang memicu anak alergi, Bunda perlu mengenalkan berbagai jenis makanan. Mungkin ada 'trial and error' ketika mengenalkan makanan.

Pengenalan makanan kepada anak harus dilakukan secara perlahan dan satu per satu ya, Bunda. Berikan menu yang sama setidaknya selama tiga hari.


"Alergi itu banyak macamnya. Ada yang waktu pendek. Jadi kita coba, kita harapkan dalam 72 jam pertama sudah keluar reaksinya. Tapi ada juga yang reaksi lambat. Jadi sampai seminggu, baru keluar reaksi alerginya," ujar dr.Reisa Broto Asmoro, beberapa waktu lalu.

Perlu Bunda ketahui, selain makanan, debu dan bulu hewan juga bisa memicu alergi anak. Jadi, Bunda harus mengenali tanda kalau anak mengalami alergi nih.

Dilansir Today's Parent, berikut 4 tanda anak mengalami alergi.

1. Hidung berair dan mata gatal

Flu atau alergi memiliki ciri yang sama, yaitu anak-anak mungkin akan mengalami hidung berair. Kalau disertai dengan mata gatal atau tenggorokan gatal dan anak tidak demam, ini berarti anak mengalami alergi.

Solusinya, untuk anak usia di atas 2 tahun, coba berikan antihistamin yang tidak mengandung penenang. Lihatlah apakah gejalanya mereda. Tapi, Bunda harus bicara dengan dokter dulu ya sebelum memberi obat.

2. Kulit ruam kering dan bersisik

Eksim biasanya muncul selama tahun pertama si kecil. Kondisi ini bisa dipicu oleh makanan tertentu yang dikonsumsi bayi, tapi ada juga yang kondisi bawaan.

Ketika anak mengalami eksim, mandikan dan oleskan pelembap untuk melindungi kulit. Kalau eksim tidak sembuh dan semakin memburuk, segera hubungi dokter ya, Bunda.

3. Batuk

Kalau batuk berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan disertai mata berair, pilek, dan pengap, ini merupakan tanda alergi. Alergi bisa dipicu oleh debu, polusi, atau hewan peliharaan.

Cara mengatasinya adalah melacak kapan anak batuk dan apa pemicunya. Kemudian, singkirkan hal-hal yang memicu alergi anak.

4. Muntah dan sakit perut

Muntah dan sakit perut tak lama setelah makan jadi salah satu tanda anak mengalami alergi. Makanan pemicu alergi yang umum ditemukan pada bayi yaitu susu, telur, kacang-kacangan, wijen, dan kedelai.

Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter setelah gejala muntah terjadi pada anak. Terlebih lagi, kalau anak mengalami sesak napas.

Lihat juga bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk di video berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!