sign up SIGN UP search


parenting

Penyebab Bayi Usia 4 Bulan Sering Bangun Tengah Malam, Bunda Perlu Tahu

Melly Febrida Jumat, 19 Jun 2020 15:46 WIB
Young mother holding her baby boy who is crying. caption
Jakarta -

Sewaktu baru melahirkan, ingat betul bagaimana tidur jadi tak teratur karena sering terbangun di tengah malam. Kondisi mulai tenang saat bayi sudah lebih banyak tidur di malam hari ketimbang siang hari.

Tapi, Bunda jangan kaget kalau bayi usia empat bulan jadi sering bangun tengah malam. Ini Bubun alami saat anak ketiga, padahal kedua kakaknya dulu enggak seperti ini. Kenapa ya?

Bayi usia 0 - 3 bulan memang selalu terbangun di malam hari. Dikutip dari buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0 - 3 tahun, bayi butuh waktu sekitar 16 hingga 17 jam untuk tidur. Selanjutnya, mereka akan terbangun setiap 2 hingga 4 jam sekali untuk menyusu.


Dijelaskan Steven Dowshen, dokter anak di Alfred I. du Pont Hospital for Children, ada penyebab kenapa bayi baru lahir rata-rata terbangun di malam hari. Ini karena bayi baru lahir belum bisa membedakan antara siang dan malam. Lambungnya yang kecil juga belum bisa menampung ASI atau susu formula cukup banyak untuk membuat mereka kenyang dalam jangka waktu lama.

Sementara itu, Lyndsey Garbi, MD, seorang pediatrician yang juga neonatology mengatakan, bayi terkadang mengalami pengurangan jam tidur saat usia empat bulan. Bayi mungkin tidurnya lebih gelisah atau lebih sering terbangun di malam hari.

"Tidur siang mereka tiba-tiba sebentar, dan mungkin jadi lebih sulit untuk membuat mereka tertidur," kata Lyndsey Garbi, dikutip Very Well Family.

Ini mungkin membuat Bunda bingung dan benar-benar kelelahan. Garbi menjelaskan, bayi mengalami regresi atau pengurangan jam tidur itu normal, Bunda. Periode tidur bayi yang lebih buruk biasanya terkait dengan perubahan perkembangan.

Young mother holding her baby son and consoling him at home.Ilustrasi bayi 4 bulan sering bangun tengah malam/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic

Dalam 12 bulan pertama kehidupan, kata Garbi, bayi mengalami perkembangan otak yang cepat dan bisa berdampak pada tidur mereka. Regresi tidur juga cenderung bertepatan dengan bertambahnya pertumbuhan yang bisa terjadi kapan saja.

"Mungkin aspek paling sulit dari regresi tidur adalah munculnya seperti tiba-tiba, tepat ketika Anda berpikir bahwa tidur bayi sudah membaik. Jangan khawatir, Anda tidak mengalami kemunduran setelah regresi tidur selesai. Pola tidur bayi Anda akan terus bergerak lebih teratur," ujar Garbi.

Dijelaskan juga, regresi tidur normal di usia sekitar empat bulan. Tapi, ini bisa terjadi beberapa hari atau minggu sebelumnya karena mungkin pertumbuhan yang cepat. Sifat regresi tidur ini sementara dan biasanya berlalu dalam hitungan minggu. Begitu sudah berlalu, Bunda dan bayi akan bisa tidur nyenyak di malam hari.

Perlu Bunda ketahui, berikut gejala bayi yang mengalami regresi tidur:

1. Bayi lebih sering bangun di malam hari atau tidur lebih gelisah
2. Bayi sangat lapar dan rewel
3. Bayi lebih sulit untuk tidur
4. Bayi tidur sebentar atau menolak tidur siang
5. Bayi biasanya lebih rewel dan mudah ngambek

Apa penyebabnya? Garbi mengatakan penyebabnya belum jelas, Bunda. Ini tidak seperti ketika bayi sedang tumbuh gigi atau sakit.

"Sekali lagi, semuanya kembali ke apa yang terjadi dengan perkembangan dalam otak dan tubuh mereka, dan semua cara menakjubkan mereka tumbuh, berubah, dan menjadi dewasa," kata Garbi.

Selama regresi tidur dialami bayi usia empat bulan, Bunda mungkin melihat si kecil yang sama sekali berbeda ketimbang beberapa minggu sebelumnya. Ini karena bayi berumur empat bulan jadi makhluk yang jauh lebih sosial, juga mulai memahami dunia di sekitar mereka dengan cara-cara baru.

Dikutip dari detikcom, bayi tidak nyenyak tidur pada malam hari apabila terlalu lelah dan terjaga saat siang hari. Untuk memulai kebiasaan tidur yang tepat, Bunda bisa memulai dengan melakukan rutinitas pengantar tidur seperti menyanyikan lagu atau membacakan buku.

Bayi tidak akan mudah mengerti apa yang Bunda lakukan, tapi cara itu jadi langkah awal dan juga bermanfaat untuk memulai kebiasaan tersebut untuknya.

Bunda, simak juga yuk deretan nama bayi bermakna berkah dari Tuhan, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi