sign up SIGN UP search


parenting

Bayi 4 Bulan Sudah Bisa Diberikan MPASI? Lihat Dulu Aturannya Bun

Annisa Karnesyia Minggu, 23 May 2021 15:05 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

MPASI pada bayi dapat diberikan ketika anak sudah siap makan. Ada patokan usia bayi saat pertama kali diberikan MPASI, Bunda.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar bayi mendapatkan MPASI pada usia 6 bulan. Pemberian MPASI adalah 2 sampai 3 kali sehari untuk bayi usia 6 hingga 8 bulan, 3 sampai 4 kali pada usia di atas 9 bulan.

Tekstur dan variasi makanan perlu diberikan secara bertahap seiring bertambahnya usia bayi. Hal ini juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, Bunda.


Pemberian MPASI terlalu dini atau di bawah 4 bulan tidak disarankan. Sebab, saluran cerna bayi belum sempurna.

Banner Penyakit Ain

Menurut dokter spesialis anak, dr. Meta Hanindita, Sp.A (K), pemberian MPASI terlalu dini akan meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, dan penyakit jantung di kemudian hari. Tak hanya itu, si Kecil juga bisa berisiko mengalami alergi makanan dan daya tahan tubuh yang menurun.

Beberapa Bunda berpendapat bahwa MPASI sebenarnya sudah bisa diberikan ketika anak berusia 4 bulan. Hal ini karena pemberian MPASI di usia 4 bulan tidak masuk dalam kategori terlalu dini, Bunda.

Lalu apa bayi 4 bulan sudah boleh diberikan MPASI?

Menjawab hal ini, Meta Hanindita mengatakan bahwa bayi 4 bulan memang bisa diberikan MPASI. Namun, tak boleh sembarangan dan ada aturannya.

"MPASI boleh diberikan pada bayi berusia 4 bulan bila dia sudah menunjukkan tanda siap makan," kata Meta, dalam buku Mommyclopedia 567 Fakta Tentang MPASI.

Selain itu, bayi 4 bulan boleh diberikan MPASI bila sudah mendapatkan cukup ASI, namun kenaikan berat badannya masih kurang. MPASI juga boleh diberikan ketika bayi terlihat lapar, Bunda.

Meski diperbolehkan, sebaiknya kita konsultasi dulu ke dokter ya. Jangan sampai MPASI yang diberikan ke bayi 4 bulan menyebabkan masalah nutrisi, kesehatan, dan tumbuh kembangnya.

"Berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter sebelum memutuskan untuk memberikan MPASI pada bayi," ujar Meta.

Pemberian MPASI memang perlu memenuhi syarat seperti anjuran dari WHO. Apa saja syaratnya?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga pilihan ikan untuk MPASI selain salmon, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SYARAT PEMBERIAN MPASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!