sign up SIGN UP search


parenting

Bayi 4 Bulan Bisa Apa? Ketahui Perkembangan dan Cara Stimulasinya

Kinan   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 13:05 WIB
bayi 4 bulan sudah bisa apa Ilustrasi Bayi 4 Bulan Bisa Apa? Ketahui Perkembangan dan Cara Stimulasinya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Memasuki usia 4 bulan, perkembangan bayi akan semakin pesat. Ia sudah mulai mengenali lingkungan di sekitarnya. Sudah tahukah Bunda bayi 4 bulan bisa apa saja?

Dikutip dari Pregnancy, Birth and Baby, di usia 4 bulan bayi akan mulai lebih gesit saat belajar mengoordinasikan tubuhnya. Mereka sudah memiliki kontrol lebih besar atas apa yang dilakukan, dilihat, disentuh dan didengar.

Selain itu, bayi usia 4 bulan juga akan mulai lebih banyak bergerak dan dapat berkomunikasi dengan jauh lebih baik.


Tapi ingat ya Bunda, setiap anak memiliki proses tumbuh kembangnya masing-masing. Apabila Bunda ragu saat mengamati proses ini, segera lakukan konsultasi ke dokter untuk memastikan.

Bayi 4 bulan bisa apa saja?

Di usia 4 bulan, berat badan bayi masih akan terus bertambah, dengan rata-rata sekitar 0,5 kg per bulan. Tulang bayi juga akan bertumbuh lebih cepat.

Seiring dengan pertumbuhan fisiknya, bayi berusia 4 bulan mulai belajar lebih banyak tentang lingkungan sekitar. 

Penglihatan bayi akan semakin meningkat, terhubung dengan semua indra-indra lainnya. Di usia ini bayi juga mungkin akan mulai mengambil benda dengan jari dan akan mencoba memasukkan tangan ke mulut.

Ini normal ya, Bunda. Perilaku ini sebenarnya mengajarkan keterampilan baru dan persiapan awal untuk masa makan makanan padat. Namun, ingatlah untuk tetap waspada agar bayi terhindari dari risiko tersedak jika menelan benda asing.

Perkembangan keterampilan motorik kasar

Dikutip dari Kids Health, keterampilan fisik bayi usia 4 bulan akan benar-benar berkembang pesat. Bayi akan mulai berguling dan berlatih duduk sendiri. 

Bayi juga mungkin akan mulai aktif menggerakkan tangan dan kakinya secara bersamaan, lalu mulai mengangkat kepalanya sendiri hingga 90 derajat.

Perkembangan keterampilan motorik halus 

Bayi usia 4 bulan biasanya sudah tertarik untuk memegang mainan atau melihat arah benda saat digerakkan. Saat melihat ada mainan di dekatnya, bayi pun mulai berupaya meraih benda tersebut.

Jadi bayi 4 bulan bisa apa lagi, ya? Yuk simak ulasan lengkap di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tips ajak Si Kecil ngobrol sejak dini untuk cegah speech delay berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



APA SAJA PERKEMBANGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI BAYI 4 BULAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!