sign up SIGN UP search


parenting

Baru Lahir, Kenapa Anak Kelima Zaskia Adya Mecca Pakai Alat Bantu Pernapasan?

Muhayati Faridatun Sabtu, 04 Jul 2020 14:32 WIB
Zaskia Adya Mecca Lahirkan Anak ke-5 caption
Jakarta -

Zaskia Adya Mecca mengaku sedih usai melahirkan anak kelima, Bhaj Kama Bramantyo, di Yogyakarta pada Jumat (3/7/2020) pagi. Karena setelah lahir, bayi laki-laki itu harus mendapat perawatan khusus.

Istri sutradara Hanung Bramantyo ini menceritakan lewat akun Instagram @zaskiaadyamecca, kondisi terbaru dirinya dan Bhaj Kama setelah proses persalinan caesar. Ternyata, Zaskia sempat tak bisa bertemu Bhaj Kama selama seharian.

Lewat Insta stories, Zaskia Adya Mecca mengatakan kalau Bhaj Kama lahir pukul 06.11 WIB. Hingga sore harinya, ia mengaku belum bertemu dengan bayinya karena masih menjalani perawatan.


"Belum ketemu lagi karena dia (Bhaj Kama) ada problem, napasnya agak cepat kayak sesak. Dia lagi pakai alat bantu napas," ungkap Zaskia Adya Mecca, dikutip Sabtu (4/7/2020).

Dalam keterangan foto di feed, Zaskia juga menuliskan, ini pengalaman pertama ia terpisah dari bayinya usai melahirkan. Sempat bertemu sebentar untuk inisiasi menyusui dini (IMD), Bhaj Kama lalu harus memakai alat bantu pernapasan minimal selama 48 jam.

"Sekarang dia harus pasang alat bantu nafas minimal 48jam sedangkan ku pasca cecar belum bisa bangun dr kasur buat samper dan nemenin @bhajkama ya Allah berat banget rasanya..," curhat Zaskia.

Zaskia Adya Mecca melahirkan anak kelima, Bhaj KamaZaskia Adya Mecca melahirkan anak kelima, Bhaj Kama/ Foto: Instagram @zaskiadyamecca

Meski begitu, ia merasa bersyukur karena mendapat dukung penuh dari suami dan keluarga. Zaskia pun dibesarkan hatinya dan meyakini kalau Bhaj Kama kemungkinan mengalami Transient Tachypnea of the Newborn (TTN).

Dikutip dari Kidshealth, beberapa bayi baru lahir memiliki pernapasan yang sangat cepat atau sulit, dalam beberapa jam pertama kehidupan. Ini karena kondisi paru-paru yang disebut TTN dan biasanya tidak bertahan lama.

Bayi dengan kondisi TTN ini memang harus diawasi ketat selama dalam perawatan di rumah sakit. Sebagian mungkin memerlukan oksigen tambahan selama beberapa hari, seperti dialami anak kelima Zaskia Adya Mecca.

"Sebagian besar bayi sembuh total. TTN biasanya tidak memiliki efek jangka panjang pada pertumbuhan atau perkembangan anak," demikian dikutip dari ulasan berjudul Transient Tachypnea of the Newborn (TTN).

Setelah sempat seharian tak bertemu, Zaskia Adya Mecca akhirnya bisa melihat langsung Bhaj Kama. Ia memegang tangan mungil bayinya yang masih menggunakan alat bantu pernapasan.

Semoga lekas pulih ya, Zaskia dan baby Kama...

Bunda, simak juga pengalaman Marissa Nasution usai melahirkan anak pertama, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi