sign up SIGN UP search


parenting

Anak Kelima Zaskia Adya Mecca Alami TTN, Kenali Penyebabnya

Siti Hafadzoh Jumat, 10 Jul 2020 07:43 WIB
hanung caption
Jakarta -

Anak kelima Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo mendapatkan perawatan khusus setelah lahir. Bayi yang diberi nama Bhaj Kama ini mengalami masalah kesehatan yang membuatnya harus mendapat perawatan di NICU.

Di Instagram-nya, Zaskia Adya Mecca memberi tahu bahwa anaknya mengalami Transient Tachypnea of the Newborn (TTN). Sehingga, bayinya ini harus dipasang alat bantu pernapasan.

"Ketika sedih @bhajkama TTN (browsing ya apa itu ttn pada new born) sehingga harus pakai alat bantu nafas," tulis Zaskia Adya Mecca pada Rabu (8/7/2020).


Mengutip Healthline, ketika lahir, tubuh bayi secara otomatis mengeluarkan cairan ketuban dari paru-parunya. Tekanan pada jalur lahir membantu dada bayi melepaskan cairan di paru-paru mereka. Setelah lahir, paru-paru mereka terisi udara dan harus mengeluarkan cairan ketuban yang tersisa.

Namun, terkadang tubuh bayi tidak mengeluarkan cairan secepat yang seharusnya, Bunda. Cairan tersebut menyulitkan paru-paru berfungsi dengan baik. Kondisi inilah yang disebut sebagai TTN.

Zaskia Adya Mecca Lahirkan Anak ke-5Zaskia Adya Mecca Lahirkan Anak ke-5/ Foto: @bukaan.moment/ instagram


Kelahiran secara caesar tidak memberikan tekanan pada paru-paru bayi untuk mengeluarkan cairan. Berbeda dengan kelahiran secara normal yang menekan paru-paru bayi.Penyebab pasti TTN tidak selalu diketahui, yang jelas bayi tidak bisa mengeluarkan cairan ketuban ketika lahir. Bayi yang lahir secara caesar lebih mungkin mengalami kondisi ini.

Meskipun kondisi ini menegangkan bagi Bunda dan Ayah, umumnya TTN tidak mengancam jiwa. Kondisi tersebut biasanya hilang dalam satu sampai tiga hari setelah lahir.

Dilansir KidsHealth, bayi yang lahir dengan kondisi TTN mungkin akan dilarikan ke neonatal intensive care unit (NICU). Di sana, dokter akan mengecek detak jantuk, napas, dan oksigen bayi.

Beberapa bayi dengan TTN memerlukan lebih banyak oksigen. Makanya, ia dipasangkan alat bantu pernapasan seperti yang dialami anak kelima Zaskia Adya Mecca.

Nutrisi yang baik juga sering menjadi masalah bagi bayi yang lahir dengan TTN. Bayi tidak bisa mengisap dan bernapas dalam waktu yang bersamaan. Jadi, diperlukan cairan intravena (IV) supaya bayi tetap terhidrasi dan mencegah gula darah terlalu rendah.

Lihat juga cerita dr Reisa Brotoasmoro tentang persalinan caesar yang dialaminya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi