sign up SIGN UP search


parenting

Back to School, 3 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Anak Malas Sekolah

Inkana Putri Selasa, 21 Jul 2020 13:35 WIB
Belajar caption
Jakarta -

Setelah liburan panjang, saatnya Si Kecil kembali belajar di tahun ajaran baru. Tapi, tahukah Bunda ada beberapa hal sepele yang ternyata bisa bikin Si Kecil malas sekolah?

Menurut Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr. Adeline Devita, anak bisa menjadi malas belajar karena terlalu banyak distraksi dari gadget sehingga perlu dibatasi waktu bermain dengan gadget. Sementara dikutip dari Manhattan Psychology Group, ada beberapa faktor seperti tugas, teman dan kurang istirahat juga dapat membuat anak malas kembali sekolah.

Apalagi di tengah pandemi saat ini, anak tentu lebih mudah merasa bosan. Berikut penjelasan mengapa tiga hal sepele tersebut bisa bikin anak malas sekolah.


Pekerjaan Rumah (PR)

PR memang sering sekali menjadi satu hal yang membuat anak jadi malas belajar sekolah. Pasalnya, setelah menghabiskan waktu 5-8 jam untuk sekolah, PR membuat anak menjadi jenuh terhadap pelajaran.

Bahkan, PR juga bisa menghilangkan waktu bermain atau beristirahatnya. Oleh karena itu, peran Bunda sangat dibutuhkan dalam menemani anak mengerjakan PR serta mengatur jadwal belajar dan bermain anak.

Teman

Memiliki banyak teman di sekolah memang mengasyikan. Namun siapa sangka ternyata teman juga bisa jadi faktor Si Kecil malas sekolah.

Semua anak mengalami pasang surut dan ketidakseimbangan dalam hubungan teman sebaya. Untuk itu, cobalah ajak anak bicara tentang perasaannya dan lingkungan sekolahnya. Mendorong anak untuk berbicara merupakan hal penting untuk mengetahui apakah Si Kecil diganggu atau merasa tak nyaman dalam situasi sosial di sekolah.

Kurang Tidur

Tidur menjadi hal penting untuk semua fungsi kognitif. Kurang tidur dapat berdampak terhadap gangguan psikologis, kecemasan dan depresi. Di Indonesia, mayoritas aktivitas sekolah dimulai pada pagi hari, yakni pukul 06.30 - 07.00.

Jika anak kekurangan tidur tentu bisa berakibat terhadap aktivitas sekolahnya seperti terlambat menyelesaikan PR atau mengantuk saat belajar. Akibatnya lama-lama anak bisa menjadi malas untuk bangun dan sekolah.

Peran Bunda untuk mengatur jam tidur Si Kecil di sini sangat dibutuhkan. Jika anak Anda harus bangun sangat pagi untuk sekolah, rutinitas sebelum tidur harus dimulai lebih awal. Pastikan Si Kecil tidur sesuai porsinya, yakni anak-anak usia sekolah (9-11 jam), remaja (8-10 jam) dan dewasa muda (7-9 jam).

Nah, agar anak tetap semangat sekolah, sangat penting sekali bagi Bunda untuk mendampingi anak belajar di rumah agar belajarnya lebih maksimal. Agar anak tetap semangat belajar, Bunda bisa lho coba aktivitas do it yourself (DIY) bersama Si Kecil di waktu luang seperti membuat games DIY memory game, lego chess, atau guess who characters games. Ketiganya games DIY tersebut dapat mengasah kemampuan logika dan ingatan Si Kecil.

"Juga perlu diperhatikan apakah penyebabnya karena kelelahan beraktivitas sehingga energi untuk belajar sudah habis, serta berikan bimbingan dengan cara yang menyenangkan atraktif sehingga anak tertarik untuk mengikutinya," ujar dr. Adeline.

Selain itu, Bunda perlu menjaga nutrisi Si Kecil dengan memberikan makanan dan minuman yang bergizi. Bunda bisa berikan susu formula bernutrisi disamping makanan bergizi. Susu Zee dengan kandungan Nutripro Complex seperti Kolin, Protein, Hi Calcium, Vitamin B Kompleks, Dan 9 Asam Amino Esensial dapat membantu tumbuh kembang dan menunjang optimalisasi proses belajar anak.

(akn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi