sign up SIGN UP search


parenting

Cara Artika Sari Devi Atur Waktu Belajar & Main Anak di Rumah, Bisa Ditiru Nih

Asri Ediyati Minggu, 26 Jul 2020 11:29 WIB
Artika Sari Devi dan putrinya caption
Jakarta -

Enggak terasa banget nih, waktu di rumah saja bersama anak sudah berjalan empat bulan. Lalu, di bulan Juli ini juga anak sudah mulai masuk sekolah meskipun tanpa tatap muka.

Wah, kalau anak sudah masuk sekolah, pasti terasa sekali ya perbedaannya dibanding ketika sebelum mereka masuk? Ya, ada tantangan tersendiri ketika menyeimbangkan waktu belajar dan bermain anak. Apalagi mereka sementara ini belajar dari rumah.

Terkait ini, Artika Sari Devi punya cara untuk menyeimbangkan waktu belajar dan main anak. Ia juga percaya bahwa tak ada salahnya membagi waktu antara belajar dengan bermain secara adil karena dengan bermain, anak bisa mendapat kebaikan.


"Ya, saya sama Mas Baim itu kita berdua percaya bahwa segala sesuatu yang baik itu dapat dimulai dengan (anak) bermain. Jadi enggak hanya dari belajar tapi bermain," ujar Artika Sari Devi, di #MainYuk bareng Paddle Pop, Rabu (22/3/2020).

"Saat mereka masih sekolah, datang ke sekolah belajar bareng-bareng. Tapi mereka harus sekolah online dulu, kita berdua, sama-sama sepakat bahwa mereka harus punya waktu yang imbang antara bermain dengan belajar," ujarnya.

Putri Indonesia 2004 ini juga merasakan betul pengalaman sebagai orang tua di masa-masa sekarang ini, Bunda. Ya, sama seperti Bunda di rumah, Artika dan anak-anaknya harus melakukan adjustment atau penyesuaian, adaptasi.

Keluarga Artika Sari Devi dan BaimKeluarga Artika Sari Devi dan Baim/ Foto: Instagram @artikasaridevi

"Dari pagi harus berhadapan dengan screen, belajar 07.15 sampai dengan siang. Nah, di tengah itu kita mikirin banget, kan ada break tuh sebelum masuk ke kelas berikutnya," kata ibu dua anak ini.

"Nah itu, kita sediakan waktu ke anak-anak biar rileks. Jadi mereka punya waktu bermain. Enggak lama kadang, 10 - 15 menit, dan syukur-syukur kalau saya lihat jadwal enggak ada WFH, saya ikut main. Mas Baim ikut main. Jadi orang tua terlibat," sambungnya.

Nah, bagaimana waktu belajar dan bermain anak bisa imbang berjalan? Artika Sari Devi dan suami sepakat untuk membuat jadwal harian di rumah.

"Ini sangat membantu, mungkin bisa jadi ide juga. Jadwal kami tulis sesuai dengan waktu porsi yang kami punya. Kapan saya kosong nah ini ada waktu bermain bersama anak, ada juga waktunya mereka bermain sendiri," ujarnya.

Nah, yang menarik juga, Bunda, banyak orang tua membatasi anaknya bermain karena bisa menguras energi, bikin kotor rumah. Soal ini, Artika Sari Devi pun memiliki siasat yaitu dengan menerapkan rules atau aturan.

"Jadi ada aturan bermain di rumah yaitu setup, play, and then clean up. Jadi enggak apa-apa, bebas, anak mau berekspresi, mau bikin eksperimen apa," ujar istri penyanyi Baim ini.

"Sampai si Zoey juga bawa ulat bulunya yang ia bawa dari kebun ke kamar. Ini saya bebaskan saja toh dia bertanggung jawab sama kebersihan kamarnya. Jadi kita manfaatkan proses bermain ini untuk melakukan banyak kebaikan di dalamnya," tuturnya.

Simak juga tips menumbuhkan minat baca anak di era new normal:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi