sign up SIGN UP search


parenting

Anak Zaskia Adya Mecca Jalani Swab Test Sebelum Operasi, Sakit Apa?

Siti Hafadzoh Jumat, 24 Jul 2020 07:09 WIB
Lucunya Kala Madali Bramantyo anak Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo caption
Jakarta -

Bunda tentu tahu penyakit radang amandel yang sering menyerang anak-anak. Penyakit ini menyebabkan putri kedua Zaskia Adya Mecca, Kala Madali harus menjalani operasi nih.

Sebelumnya, Zaskia Adya Mecca membagikan ceritanya di Instagram tentang demam Kala yang sering kumat karena radang amandel. Alhasil, Kala sekarang harus menjalani operasi amandel, Bunda. Amandelnya harus dipotong.

Di tengah pandemi corona, tentunya ada pemeriksaan tambahan sebelum menjalani operasi. Kala menjalani swab test sebelum dioperasi.


Namun, ketika swab test, Kala hanya didampingi kakek neneknya. Ini karena Zaskia harus menjaga bayinya dan Hanung Bramantyo sedang syuting.

"Cintaku abis swab test ditemenin papa mama krn hrs operasi amandel (akhirnya hrs diambil juga tu amandel!) Bismillah ya nah.. sehat-aman-cepet tuntas dramanya," tulis Zaskia di Instagram Story.

Nah, hari ini (23/7/2020) Zaskia Adya Mecca menemani Kala sebelum menjalani operasi. Ia bertanya pada putrinya itu bagaimana perasaan menjelang operasi.

"Masih tegang," jawab Kala.

Lucunya, Kala justru jadi antusias ingin cepat-cepat operasi. Kenapa ya kok Kala Madali malah ingin segera operasi amandel?

"Kapan sih dioperasinya? Aku sudah enggak tahan, lihat tuh. Makan es. Tapi beneran, laper banget," kata Kala.

Setelah dioperasi amandel, pasien biasanya memang diberikan minuman atau makanan yang dingin. Es krim adalah salah satu makanan yang biasanya diberikan setelah operasi amandel, Bunda.

Makan es setelah operasi amandel bertujuan untuk menghidrasi tanpa melukai tenggorokan. Mengutip Healthline, makanan seperti es krim, puding, serta oatmeal disarankan selama pemulihan.

Lalu, apa sebenarnya radang amandel seperti dialami Kala Madali? Dan kenapa harus dioperasi?

Di sisi belakang tenggorokan ada dua kelenjar getah bening yang disebut sebagai amandel. Bagian tubuh ini berfungsi sebagai pertahanan tubuh.

Ketika amandel terinfeksi, ini disebut sebagai tonsilitis atau radang amandel. Tonsilitis dapat terjadi di segala usia, tapi umumnya anak-anak yang mengalami ini.

Ada berbagai gejala yang menandai kalau anak mengalami tonsilitis. Misalnya, tenggorokan sakit, sulit bernapas, demam, sakit telinga, sakit perut, pusing, dan sebagainya.

Kasus tonsilitis ringan tidak selalu memerlukan pengobatan ya, Bunda. Kalau lebih parah, baru perlu antibiotik bahkan operasi.

Semoga cepat sembuh Kala Madali.

Lihat juga rahasia Donna Agnesia jalani rumah tangga dengan Darius yang 6 tahun lebih muda berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi