sign up SIGN UP search


parenting

Curhat Kirana Larasati Emosi hingga Nangis Saat Dampingi Anak Sekolah Online

Annisa Karnesyia Jumat, 28 Aug 2020 17:11 WIB
Kirana Larasati dan putranya, Kyo caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat artis Kirana Larasati kerepotan mendampingi anaknya sekolah online di rumah. Ia bahkan sampai emosi dan menangis, Bunda.

"Anakku umur 4 tahun, ada online school pagi-pagi. Menguras emosi banget," kata Kirana.

"Tadi pagi aku habis nangis, saking abis emosi banget. Ya, sebenarnya enggak boleh kayak gitu ya," sambungnya.


Artis 32 tahun ini mengatakan bahwa anak laki-lakinya itu sulit fokus saat belajar online. Selain itu, sang putra tak bisa diam dan masih ingin selalu bermain.

"Anak aku tuh cowok, pinginnya main, salto, fisik. Disuruh duduk tuh susah banget, udah mau duduk, gurunya minta dia berhitung, dia malah buang muka. Aku yang dulu duduk di sekolah perhatikan guru, jadi stres kan lihatnya," ujar Kirana.

Meski begitu, Kirana menyadari bahwa usia anaknya masih kecil untuk mengikuti program sekolah online. Ia pun jadi serba salah soal pendidikan buah hatinya.

"Tapi anak aku kan masih TK (Taman Kanak-kanak), dia enggak bisa sebenarnya online school. Jadi aku benar-benar kayak buah simalakama, kanan salah, kiri salah," ucapnya.

Kirana Larasati dan putranya, KyoKirana Larasati dan putranya/ Foto: Instagram @kiranalarasati

Kirana tak menampik sering emosi saat menghadapi anaknya sekolah online. Namun, dia menyesal sudah emosi dan marah.

"Tapi aku pun juga manusia ya, ada lepasnya juga 'oh my god, bisa enggak sih kamu dibilangin, mainan selalu dibeliin, masa duduk 30 menit aja kamu enggak mau'. Tapi itu kan anak kecil, aku nyesel juga sih marah," kata Kirana Larasati, dikutip dari InsertLive.

Mendampingi anak belajar di rumah memang enggak mudah ya, Bunda. Menurut psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi.,, orang tua sebaiknya kreatif selama mendampingi anak-anaknya belajar.

Bunda bisa mengombinasikan belajar dengan bermain nih. Kegiatan ini bukan sekadar kegiatan spontan, tapi bisa direncanakan dengan target belajar.

"Supaya tercapai tujuannya, Bunda bisa memilih kegiatan yang sesuai pilihan si kecil sehingga menyenangkan, menyesuaikan waktu berkegiatan dengan rutinitas si kecil untuk membuat jadwal, juga konsisten mengulangi kegiatan sampai target belajar tercapai, dan tentunya tetap melakukan lebih banyak gerakan," ujar wanita yang akrab disapa Nina ini.

"Jadi, walaupun direncanakan, namun tetap dilakukan dengan asyik dan seru sehingga tetap menyenangkan," sambungnya.

Simak juga cara Kirana Larasati agar anak bahagia di rumah, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi