sign up SIGN UP search


parenting

Tips Melibatkan Suami dalam Mendampingi Anak Belajar Jarak Jauh

Asri Ediyati Minggu, 30 Aug 2020 13:41 WIB
Ilustrasi belajar online caption
Jakarta -

Sejak pandemi, semuanya serba dilakukan dari rumah. Tak terkecuali kegiatan belajar anak yang kini memakai sistem pembelajaran jarak jauh. Di saat seperti ini, apabila kedua orang tua sama-sama bekerja, rasanya mendampingi anak belajar agak PR ya, Bunda?

Apalagi jika Bunda memiliki jadwal kerja, misalnya meeting pagi yang sama waktunya dengan jadwal masuk anak. Hmmm, jangan pusing duluan ya, Bunda.

Menghadapi kondisi seperti ini, jangan sungkan untuk melibatkan suami atau orang di rumah untuk mendampingi anak belajar. Disarankan praktisi pendidikan dan komunikasi, Dr. Vivid F. Argarini bahwa penting melibatkan suami atau orang rumah dalam mendampingi anak belajar jarak jauh. Jadi enggak ada lagi nih keluhan suami cuek, Bunda.


"Yang pertama harus senang dahulu, karena ini enggak mudah. Jadi kunci pertamanya senang dahulu, kita bersenang-senang bersama. Itu basic kalau saya katakan. Jadi kita punya gerak dan jiwa yang sama, yang melakukan ini tidak hanya kita (para bunda)," ujar Vivid di acara Konferensi Pers Virtual HiLo School Learn & Play 2020 via Zoom, belum lama ini.

Jadi kita tidak merasa paling andil dalam hal ini, Bunda. Misalnya 'Aduh, kenapa mesti begini ya? Kan sama-sama sibuk bekerja'. Sementara suami atau ART juga tidak tahu goalsnya anak belajar jarak jauh itu apa, alhasil tidak mampu kita delegasikan deh.

"Jadi harus semangat. Misalnya di rumah enggak ada siapa-siapa kecuali mbak (ART), kita bisa bilang 'tolong ya Mbak pelajarannya ini itu'. Kita buat jadwal yang ditempel di dinding atau pintu, mata pelajaran," kata ibu tiga anak ini menambahkan.

Mother and daughter Having fun with laptop at homeTips Melibatkan Suami dalam Mendampingi Anak Belajar Jarak Jauh/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Paperkites

Jadwal ini sangat membantu, Bunda. Contohnya, dalam jadwal kita tulis secara detail jam sekian, jam sekian pelajaran apa, gurunya siapa. Lalu, di bagian bawah jadwal dibikin lagi hari Senin ada tiga pelajaran.

"Kita pastikan punya jadwal, dan sekolah biasanya juga memberikan. Kita bisa mendetail, semester ini pokok pelajarannya apa saja sih, tugas-tugas yang dipersiapkan oleh peserta didik apa saja sih. Sehingga kita juga ikut, dan ciptakan lingkungan belajar," tutur Vivid.

Menurut Vivid, dengan membuat jadwal ini bisa memengaruhi etos, semangat, lho. Tidak untuk anak-anak saja tapi juga untuk lingkungan di dalam rumah Bunda.

"Kita ciptakan suasana belajar dengan senang dahulu. Kalau boleh saya usulkan, ya suami, ya ART, nenek atau siapa lah di rumah, kita buatkan time table-nya. Kita buatkan list mata pelajaran anak," kata Vivid.

"Memang tambah kerja sih tapi enggak apa-apa. Nanti kalau (pandemi) sudah lewat, society atau lingkungan rumah bakal belajar banyak (dari kondisi ini)," sambungnya.

Jadi, perlu diskusi dengan suami dan samakan tujuan dahulu ya, Bunda. Setelah itu kita buat jadwal agar lingkungan di rumah menciptakan suasana dan semangat belajar yang baik walau jarak jauh. Semangat ya, Bunda!

Simak juga cara Kirana Larasati bujuk anak mau belajar dari rumah:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi