sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak dengan Cara Menyenangkan

Annisa Afani Minggu, 23 Aug 2020 12:45 WIB
ilustrasi anak belajar caption
Jakarta -

Daya ingat merupakan bagian penting dalam membangun landasan yang kuat untuk pembelajaran, baik di dalam maupun luar kelas. Memiliki daya ingat yang bagus bisa membantu anak berprestasi lebih baik.

Namun memiliki daya ingat yang tajam bukan sesuatu yang dimiliki sejak lahir. Keterampilan ini berkembang dan meningkat jika semakin sering digunakan, sama dengan keterampilan lainnya yang akan semakin sempurna jika dilatih.

Nah untuk meningkatkan daya ingat anak, penting bagi Bunda untuk memastikan anak secara teratur melatih kemampuan daya ingat atau hafalannya.


Dikutip dari Oxford Learning dan Psychology Today, berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan daya ingat anak:

1. Memanfaatkan warna

Otak hanya mengizinkan sebagian kecil dari miliaran bit informasi sensorik tersedia setiap detik. Sedangkan filter di otak di bawah ketidakkesadaran memutuskan apa saja yang bisa masuk menjadi memori.

Warna sendiri menjadi sesuatu yang bisa melewati filter ini dengan sangat baik, Bunda. Oleh sebab itu, mintalah anak untuk memakai alat tulis berwarna untuk catatannya. Bunda juga bisa menyarankan anak menggunakan ilustrasi-ilustrasi berwarna lainnya sebagai pengingat yang menyenangkan.

2. Menambahkan hal baru

Jika Bunda memberikan atau menambahkan hal serta pengalaman baru pada pengalaman belajar, itu akan membuat anak lebih berkesan. Misalnya, Bunda bisa pakai klip video dari internet, memakaikan aksesori seperti topi lucu, atau nyalakan lilin tepat sebelum anak mulai belajar.

Dengan begitu, sistem ingatannya akan lebih terbuka untuk memproses dan mengingat informasi yang datang setelah dapat pengalaman baru tersebut.

ilustrasi anakilustrasi anak belajar/ Foto: iStock

3. Mendorong mengajukan pertanyaan

Memahami suatu subjek adalah langkah awal untuk bisa mengingat materi. Mendorong anak untuk mengajukan pertanyaan membantu memastikan dia mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik tersebut. Ini juga membantu anak mengembangkan pemikiran yang kritis dan keterampilan memecahkan masalah.

4. Buat puisi dan lagu

Bantu anak membuat sajak, puisi atau lagu dari informasi yang dia pelajari. Otak terhubung untuk mengingat musik dan pola, jadi menggunakan musik atau puisi dan sajak bisa membantu anak meningkatkan ingatan dan daya ingatnya.

5. Buat belajar menjadi menyenangkan

Dorong antusias anak dalam belajar dengan melakukan kunjungan ke perpustakaan untuk melihat-lihat buku atau video tentang berbagai objek. Bunda juga bisa mengunjungi museum atau galeri seni. Jika anak tertarik dengan materi yang dipelajari, akan lebih mudah baginya untuk mengingat di kemudian hari.

6. Dorong pembelajaran yang aktif

Lakukan pembelajaran dengan mengadakan diskusi tentang berbagai topik, bertanya kepada anak apa yang dia pikirkan. Ini mendorong anak untuk menyimpan informasi dalam pikiran mereka cukup lama untuk menjawab pertanyaan tentangnya, membantu dia mengembangkan keterampilan berpikir kritis sambil meningkatkan daya ingatnya.

7. Buat daftar kata kunci untuk ide atau subyek

Buat daftar kata dan gunakan untuk membangun asosiasi antara setiap kata dan konsep. Semakin berbeda asosiasi tersebut, semakin mudah diingat oleh buah hati.

Semoga bermanfaat ya, Bunda.

Bunda, simak juga langkah mudah membuat anak betah belajar seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi