sign up SIGN UP search


parenting

Bunda Ingin Anak Senang Belajar di Rumah Selama Pandemi? Ini Tips dari Kak Seto

Yuni Ayu Amida Sabtu, 12 Sep 2020 14:06 WIB
ilustrasi anak belajar caption
Jakarta -

Pandemi Corona menyebabkan aktivitas kita saat ini berubah, Bunda. Salah satunya terkait sekolah anak-anak. Ya, demi keselamatan kita semua, pemerintah menerapkan peraturan bahwa anak-anak harus belajar di rumah.

Hanya saja, banyak kendala yang dirasakan khususnya para orang tua dalam menghadapi situasi ini, Bunda. Seperti bagaimana cara membuat agar belajar di rumah jadi efektif.

Disampaikan Sahabat Anak, dr. Seto Mulyadi atau Kak Seto yang perlu orang tua ketahui adalah dunia anak merupakan dunia bermain. Jadi belajar yang efektif untuk anak adalah jika nuansanya seperti bermain.


"Coba kalau sekarang dalam keadaan pandemi ini, yuk belajar langsung cemberut semuanya. Tapi begitu kalau diajak bermain pasti semangat, asik!" kata Kak Seto dalam acara Virtual Press Conference Olike Edu Toys Launching, melalui Zoom, Jumat (11/9/2020).

Kak Seto mengingatkan bahwa di masa pandemi ini yang terpenting adalah kesehatan anak, Bunda. Saat ini memang sebaiknya anak belajar di rumah. Nah selain kesehatan fisik, kesehatan mental anak pun perlu diperhatikan.

"Nah pendidikan ini mohon jangan mengalahkan kesehatan mental, jangan sampai anak belajar dipaksa, dimarahin, dibentak dan sebagainya, stres, akhirnya malah harus mengalami berbagai permasalahan kejiwaan, itu sangat tidak kita harapkan," kata Kak Seto.

Jadi agar Bunda tidak tertekan saat menemani si kecil belajar, dan juga agar si kecil belajar dengan enjoy, Bunda harus membuat suasana menjadi gembira.

"Jadi nomor satu semua dibuat gembira, dan belajar bukan hanya sekedar akademi, nomor satu isi pendidikan kita adalah etika, termasuk juga pelajaran agama. Kunci belajar efektif adalah yang menyenangkan," papar Kak Seto.

Bunda harus membuat keadaan menjadi luas sehingga anak senang belajar. Bukan malah menuntut anak dan membuatnya takut.

"Jadi suasana belajar harus dibuat luas sehingga anak senang belajar, bukan takut belajar karena terlalu dipaksakan yang tidak sesuai dengan keadaan darurat saat ini," ungkap Kak Seto.

Dan yang paling penting, orang tua diharapkan untuk selalu tersenyum saat menghadapi putra-putrinya. Agar saat anak belajar dipenuhi keceriaan dan ia tidak mengalami ketegangan.

"Mohon para Ayah dan Bunda senyum menghadapi putra-putrinya, penuh optimisme, penuh keceriaan, penuh persahabatan," ucap Kak Seto.


Simak juga langkah mudah agar anak suka belajar di rumah dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi