sign up SIGN UP search


parenting

Disinggung Anak Tak Pakai Masker, Raditya Dika ke Netizen: Cek Rekomendasi IDAI

Asri Ediyati Selasa, 15 Sep 2020 14:25 WIB
Raditya Dika dan Alea caption
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, Raditya Dika sempat disinggung dan ditanya netizen mengapa anaknya, Alinea Ava Nasution (Alea) tidak memakai masker. Penulis dan stand-up comedian pun menanggapinya dengan santai.

Ia memberitahu netizen bahwa sesuai rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, anak di bawah dua tahun tidak dianjurkan memakai masker. Ya, saat ini Alea masih berusia 16 bulan, Bunda. Jadi belum dianjurkan untuk memakai masker.

Namun, belum lama ini, Raditya Dika kembali disinggung soal masker. Netizen menanyakan ini kembali lantaran dalam video yang diunggah, Raditya Dika dan Alea tengah berada di rumah sakit.


"Maskernya mana bang buat Alea," tulis seorang netizen.

Raditya Dika pun membalasnya dan lagi-lagi meminta netizen untuk cek rekomendasi IDAI. "Coba cek rekomendasi IDAI penggunaan masker buat anak di bawah umur 2 tahun, biar tau maskernya ke mana," balas Raditya Dika.

Komentar tersebut juga dibalas oleh beberapa netizen lainnya. Ada yang menasihati balik, ada pula yang membully. Duh, ada-ada saja ya, Bunda?

Seperti yang dianjurkan IDAI, jika anak terpaksa dibawa ke luar rumah dalam keadaan mendesak di tengah pandemi COVID-19 maka anak usia 2 - 18 tahun dan orang dewasa dianjurkan menggunakan masker.

Mengapa anak di bawah dua tahun tidak dianjurkan pakai masker? Dokter spesialis anak Caessar Pronocito memaparkan sejumlah alasan masker dapat membahayakan bayi. Salah satunya, mengganggu pernapasan bayi.

"Bayi di bawah dua tahun, saluran pernapasannya masih kecil, jadi akan sulit bernapas melalui masker," kata Caessar, dikutip dari CNNIndonesia.com

Kedua, memakai masker meningkatkan risiko sufokasi atau tercekik pada bayi. Caessar menjelaskan bayi belum memahami fungsi masker sehingga dapat memainkan masker dan meningkatkan risiko tercekik.

Lalu yang terakhir, masker pada bayi tidak bekerja efektif. Hal ini terjadi karena bayi kerap menyentuh masker, sehingga perlindungan masker tidak maksimal.

Nah, sebagai gantinya, jika dirasakan penggunaan masker tidak bisa dilakukan secara maksimal maka anak dapat menggunakan face shield khusus yang sesuai dengan usianya.

Simak juga asupan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh di era pandemi COVID-19:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi