sign up SIGN UP search


parenting

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak, Konsumsi 9 Makanan Ini Yuk!

Annisa Afani Kamis, 24 Sep 2020 06:59 WIB
ilustrasi anak makan caption
Jakarta -

Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, termasuk kemampuan dalam mengingat. Nah, supaya anak memiliki daya ingat kuat, yang mungkin berpotensi mendukung prestasinya di sekolah, ada beberapa cara yang bisa Bunda dan Ayah lakukan, lho.

Demi membangun dan meningkatkan daya ingat anak, caranya bisa dimulai sejak tahun-tahun pertama kehidupannya, Bunda. Sebagaimana disebut oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), tahun-tahun pertama kehidupan anak sangat berpengaruh pada kesehatan dan perkembangannya, termasuk otak untuk masa depannya.

Meskipun dapat terus berkembang, dalam delapan tahun pertama kehidupannya, otak anak dapat membangun fondasi untuk pembelajaran, kesehatan, dan kesuksesan hidup di masa depan dengan lebih kuat. Perawatan saat mengasuh dan responsif untuk tubuh dan pikiran anak adalah kunci untuk mendukung perkembangan otak yang sehat. Dengan otak yang sehat, maka daya ingat anak pun akan semakin baik.


Upaya untuk meningkatkan daya ingat anak dapat dilakukan dengan memberikan makanan pendukung untuk perkembangan otak. Faktanya, menurut ahli gizi dan juru bicara American Dietetic Association (ADA), Bethany Thayer, otak adalah organ yang sangat lapar.

"Otak adalah organ tubuh pertama yang menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan. Beri tubuh junk food, otak pasti akan menderita," katanya, dikutip dari WebMD.

Nutrisi penting untuk otak

Banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak yang normal dan sehat. Kekurangan nutrisi pada awal kehidupan bisa berdampak pada perkembangan struktur otak, merusak fungsi yang bisa menyebabkan defisit kognitif di masa depan.

Meski otak mampu pulih dari kekurangan nutrisi, namun para ahli mencatat ada periode perkembangan kritis di mana bagian otak membutuhkan nutrisi yang lebih tinggi. Kekurangan nutrisi selama periode tersebut lebih merusak.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak anak, dikutip dari Harvard Health Publishing, yakni:

  • Protein
  • Zinc
  • Zat besi
  • Kolin
  • Folat
  • Yodium
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Omega 3

Makanan meningkatkan daya ingat

Untuk mendapatkan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, maka Bunda bisa memberikan si Kecil beberapa jenis makanan untuk meningkatkan daya ingatnya. Sebagaimana yang HaiBunda rangkum dari BBC Good Food dan WebMD, makanan untuk meningkatkan daya ingat, yakni:

1. Telur

Seperti yang diketahui, otak anak mampu berkembang secara signifikan terutama pada tahun-tahun pertama kehidupannya. Demi mendukung perkembangan serta daya ingat tersebut, maka kolin dalam telur dapat memainkan peran penting dalam hal ini untuk pembentukan sel memori jauh di dalam otak.

Kuning telur kaya akan kolin dan hampir memenuhi kebutuhan harian anak-anak hingga berusia delapan tahun. Selain itu, makanan ini juga mengandung protein yang tinggi, zat besi, folat dan vitamin A yang penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan perkembangan sel.

2. Ikan

Khususnya ikan yang berminyak dan berlemak, biasanya kaya akan asam omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan kesehatan anak, Bunda.

"Ikan berlemak merupakan sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Keduanya penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak," kata Andrea Giancoli, MPH, RD, ahli gizi Los Angeles dan juru bicara ADA.

Asam lemak omega-3 adalah komponen penting dari bahan pembangun yang dibutuhkan untuk perkembangan sel. Beberapa penelitian pun telah menunjukkan bahwa lemak omega-3 dapat bantu mengelola masalah perilaku karena memiliki peran dalam fungsi neurotransmitter.

Beberapa jenis ikan yang baik untuk mendukung tingkatkan daya ingat anak ialah salmon, mackerel, tuna segar, trout, sarden, dan herring.

3. Oat, sereal, dan roti gandum utuh

Dikemas dengan karbohidrat, biji-bijian dalam jenis makanan ini menyediakan glukosa dan energi penting untuk memberi bahan bakar pada otak, serta kaya akan vitamin B, yang menyehatkan sistem saraf.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan dengan gandum utuh dapat meningkatkan daya ingat dan perhatian jangka pendek dibandingkan dengan karbohidrat olahan atau sarapan sama sekali.

"Oat memberikan energi atau bahan bakar yang sangat baik untuk otak yang dibutuhkan anak-anak di pagi hari," kata Sarah Krieger, MPH, RD, konsultan dan juru bicara ADA St. Petersburg, Florida.

4. Kacang polong

Kacang jenis ini tinggi akan protein dan dikemas dengan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk anak, Bunda. Selain polong, kacang merah dan kacang pinto juga mengandung lebih banyak lemak omega-3 dibandingkan kacang untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

Makanan ini tidak hanya melepaskan energi secara perlahan yang membuat anak tetap kenyang dan berenergi, tetapi juga membantunya untuk berkonsentrasi di dalam kelas. 

5. Produk susu

Produk susu seperti yogurt dan keju ini sangat bergizi dan dikemas dengan protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak seperti neurotransmitter dan enzim. Manfaat lainnya, produk susu juga mengandung kalsium tinggi yang sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat dan sehat.

6. Selai kacang

Kacang dan selainya merupakan sumber vitamin E yang baik, Bunda. Di dalamnya terkandung antioksidan yang dapat melindungi selaput saraf, serta thiamin yang berfungsi untuk bantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa sebagai sebagai energi.

7. Buah-buahan beri

Buah beri, seperti stroberi, ceri, blueberry dan blackberry memiliki antioksidan tingkat tinggi, terutama vitamin C yang dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, penelitian juga telah menunjukkan adanya peningkatan memori dengan memakan blueberry dan stroberi.

"Tapi makanlah buah yang asli untuk mendapatkan paket yang lebih bergizi. Biji dari buah beri juga merupakan sumber lemak omega-3 yang baik," kata Sarah Krieger.

8. Daging sapi

Dalam daging sapi terkandung zat besi yang menjadi mineral penting untuk bantu anak tetap berenergi, berkonsentrasi di sekolah, dan membantu daya ingat, Bunda.

Ditambah lagi, daging sapi tanpa lemak ini merupakan salah satu sumber zat besi yang paling baik diserap tubuh. Bahkan faktanya, hanya dengan mengonsumsi 1 ons per hari, terbukti membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber lain.

9. Sayuran berwarna

Sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam dan yang lainnya adalah sumber antioksidan terbaik yang menjaga sel-sel otak tetap kuat dan sehat. 

Bagi sebagian ibu hamil dan anak-anak, mendapatkan semua nutrisi tersebut bisa menjadi tantangan, terutama bagi keluarga vegetarian. Namun tak perlu khawatir, para vegan bisa kok mendapatkan bantuan dari ahli gizi untuk mencari alternatif makanan lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Bunda.

Bunda, simak juga penjelasan mengenai ATV, kendaraan bermotor yang dapat picu daya ingat anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!