sign up SIGN UP search


parenting

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak untuk Bantu Proses Belajar

Meita Fajriana   |   Haibunda Kamis, 14 Jul 2022 12:20 WIB
ilustrasi cara meningkatkan daya ingat anak caption
Jakarta -

Memori atau daya ingat yang sehat penting untuk perkembangan anak. Karena kemampuan untuk mengingat dan melakukan tugas semuanya terkait dengan memori, Bunda.

Keterampilan daya ingat yang lemah dapat memengaruhi pembelajaran di banyak bidang studi, termasuk membaca dan matematika. Melansir laman India Today, ketika anak Bunda pertama kali mempelajari informasi, ini bisa tersimpan dalam memori kerja atau memori jangka pendek mereka.

Namun, hal itu bisa saja hilang atau bisa menjadi bagian dari memori jangka panjang mereka. Bagi banyak anak, informasi ini menghilang dan tidak jarang mereka kesulitan untuk mengingatnya kembali.


Masalah ingatan dapat tercermin dalam ketidakmampuan Si Kecil untuk mengingat sesuatu. Kelupaan yang terus-menerus misalnya, melupakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di sekolah atau harus diingatkan secara teratur untuk melakukan sesuatu. 

Mengapa anak Bunda kesulitan mengingat informasi? Mengapa mereka tampak begitu mudah melupakan sesuatu? Lantas, apakah ada trik yang dapat membantu mereka meningkatkan daya ingat?

Tenang jangan khawatir dulu Bunda, karena kabar baiknya berdasarkan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa Bunda dapat membantu anak untuk meningkatkan memori jangka panjang mereka. Berikut adalah enam cara mudah untuk meningkatkan daya ingat Si Kecil dilansir dari laman Parent Map.

Cara meningkatkan daya ingat anak

1. Terapkan rutinitas

Ada begitu banyak hasil positif yang terkait dengan rutinitas. Adanya rutinitas dapat memberi anak rasa aman, mengurangi masalah kurangnya perhatian, dan memperkuat ingatan mereka.

Menurut psikolog asal Jerman Hermann Ebbinghaus, otak kehilangan kemampuannya untuk menyimpan informasi dari waktu ke waktu. Inilah yang disebut sebagai kurva pelupa. 

"Pada anak disarankan untuk melakukan pengulangan yang dapat membantu meratakan kurva belajar. Oleh karena itu, menetapkan rutinitas adalah cara sederhana untuk memudahkan anak Anda menyimpan informasi tertentu," kata Hermann Ebbinghaus psikolog anak yang berbasis di Jerman dikutip dari laman Parent Map, baru-baru ini.

Si Kecil dapat memulai rutinitas malam hari di mana mereka diharapkan melakukan tiga hal untuk mempersiapkan sekolah keesokan harinya. Bunda bisa mengarahkan anak sehingga prosesnya menyenangkan bagi Si Kecil.

Portrait of little Asian boy sitting at his desk doing homework against white background.ilustrasi daya ingat anak bantu proses belajarnya/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tylim

Rutinitas juga dapat mengasah kemampuan anak yang dibutuhkan saat sekolah. Misalnya, Bunda dapat membantu mereka melatih keterampilan membaca, menulis, atau mendikte setiap dua hari dalam seminggu.

Melalui pengulangan seperti itulah anak bisa belajar, jadi teruslah untuk mengulangi informasi yang sama sampai dikuasai Si Kecil ya, Bunda.

2. Mintalah anak menuliskan jadwal pentingnya

Daftar tugas dan daftar kebutuhan adalah cara mudah untuk membantu daya ingatan anak. Beri mereka buku harian yang sesuai dengan usia dan minta mereka menuliskan tugas, pekerjaan rumah, kegiatan ekstrakurikuler, dan hal lain yang perlu mereka ingat.

3. Cobalah menyajikan informasi dengan cara yang berbeda

Anak kecil terkadang membutuhkan bantuan untuk dapat mengingat informasi. Beberapa anak mungkin mengingat informasi lebih baik jika disajikan secara visual dan tertarik dengan informasi berima seperti berbentuk lagu atau puisi.

Representasi visual dari apa yang diharapkan dari anak dapat memudahkan mereka untuk mengingat sesuatu. Misalnya, mereka dapat mengambil gambar informasi penting tersebut atau bahkan menggunakan jadwal visual yang ada gambarnya untuk mengingatkan mereka tentang suatu hal.

Membuat pantun dengan banyak pengulangan juga dapat memudahkan anak memproses informasi baru lho, Bunda. Simak penjelasan selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video penyebab anak susah makan sayur dan cara tepat mengatasinya:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!