sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Penyebab Ruam pada anak & 8 Obat Alami untuk Mengatasinya

Melly Febrida   |   Haibunda Kamis, 01 Oct 2020 20:24 WIB
Father with small sick unhappy son indoors at home, checking his hurt back. caption

Jakarta - Ruam menjadi salah satu penyakit yang langganan dialami anak-anak. Mulai dari ruam wajah hingga ruam popok di bagian pantatnya. Sedangkan untuk penyebabnya bisa bermacam-macam faktor, Bunda.

Ruam tersebut bisa saja sederhana, seperti biang keringat atau yang lebih dikenal dengan ruam panas, tapi juga bisa lebih kompleks atau menakutkan seperti poison ivy dan roseola. Adakah cara untuk mengobatinya dengan cara alami?

Dr. Bob Zajac, dokter anak bersertifikat, mengatakan bahwa apabila anak mengalami ruam, sebaiknya perhatikan gejala tambahan apapun itu dan minta dokter mengevaluasi anak. Kalau Bunda tidak yakin dengan penyebab ruam, sebaiknya kontrol ke dokter.


“Biasanya, gejala lain atau situasi baru-baru ini dapat memberi petunjuk tentang apa yang menyebabkan ruam, tetapi tidak selalu,” kata Zajac dalam buku Natural Remedies for Kids.

Apa saja yang perlu Bunda perhatikan, Zajac mengatakan bahwa ruam yang menyebar ke seluruh atau sebagian besar tubuh biasanya lebih memprihatinkan daripada ruam di satu tempat Bunda. Biasanya, ruam seperti itu membutuhkan waktu beberapa hari untuk sembuh sepenuhnya.

“Seringnya hilang dengan cara yang sama ketika muncul (misalnya, jika dimulai di kepala dan menyebar ke bawah,  ini akan menghilang dari ruam yang sering muncul tiba-tiba,” katanya.

Ruam mungkin dimulai dari satu tempat dan menyebar, atau mungkin hanya tinggal di tempat kecil seperti di kepala ke bawah. Ruam yang muncul sekaligus, menyebar dengan cepat (dalam beberapa menit), dan disertai kesulitan bernapas atau kebingungan dapat menjadi reaksi alergi yang serius dan harus ditangani sebagai keadaan darurat.  

Sedangkan untuk poison ivy, biasanya tidak serius tetapi bisa jadi  sangat tidak nyaman selama beberapa hari, karena sangat gatal. Reaksi alergi biasanya muncul rasa gatal, dan mungkin tidak berlanjut, tetapi bisa berubah menjadi anafilaksis, yang sangat serius.

Apa bisa diobati secara alami? Zajac mengatakan, ruam yang serius harus diperiksa seorang profesional. Gejala yang menetap, setelah perawatan profesional, dapat dirawat di rumah. 

“Ruam kecil bisa dirawat di rumah dengan mudah,” ujarnya.

Saat si kecil juga mengalami salah satu jenis ruam seperti di atas, berikut beberapa pengobatan alami yang bisa dicoba:

1. Mandi air dingin

Kalau Bunda atau anak sudah terkena poison ivy, oak, atau sumac, segera mandi air dingin dan cuci bersih dengan sabun. 

“Menggunakan air dingin penting karena akan membantu menjaga pori-pori Anda tetap tertutup.  Mandi air hangat atau panas akan membuka pori-pori Anda, memungkinkan minyak meresap dan membuat reaksi lebih mungkin,” jelas Zajac.  

2. Minyak ikan COD

Zajac mengatakan, minyak ikan Cod mungkin terdengar aneh, tapi minyak ikan Cod yang dulunya sangat populer di zaman nenek masih menjadi ide yang bagus.  

Untuk dosis anak dengan dewasa mungkin berbeda,  karena itu baca label pada merek yang Bunda beli. “Jangan berikan pada bayi di bawah usia 6 bulan.  Jangan gunakan jika anak Anda alergi ikan atau kerang.  Baca label dengan cermat,” kata Zajac berpesan.

3. Tanah bentonit

Tutupi bagian ruam dengan sedikit tanah liat bentonit terhidrasi.  Biarkan mengering sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bilas.  Ulangi jika perlu.  

“Tanah liat dapat membantu mengeluarkan racun dan kotoran jika ada gigitan atau sengatan serangga, tetapi jangan mengandalkannya jika anak Anda memiliki alergi terhadap serangga atau gigitan tersebut,” kata Zajac. 

Tanah liat juga bisa ditambahkan ke bak mandi.  Larutkan sekitar ½ cangkir (60 g) dan biarkan anak berendam selama 10 sampai 15 menit.  Tanah ini relatif tidak invasif dan aman untuk segala usia.  

4. Baking soda

Tambahkan 2 cangkir (110 g) baking soda ke dalam bak mandi air hangat dan rendam selama 10 sampai 15 menit.

“ Ini dapat mengurangi rasa gatal dan memperbaiki ruam.  Atau buat pasta dengan soda kue dan air untuk noda kecil seperti gigitan atau sengatan,” ujarnya.

5. Udara dingin

Biang keringat akan mereda saat kulit terkena udara dingin.  Biarkan anak telanjang (lepas popok jika anak memakainya) di ruangan yang sejuk atau dengan kipas angin.  Sebagai alternatif, pakaikan pakaian anak yang longgar ringan, seperti kaus oblong yang lembut dan terlalu besar.  “Jaga agar anak tetap dingin sampai ruam panas memudar,” katanya.

6. Probiotik

Untuk ragi atau ruam jamur lainnya, coba campurkan probiotik bubuk dengan minyak kelapa atau dengan tanah liat dan air untuk membentuk pasta.  Setidaknya sekali sehari, oleskan campuran pada ruam dan biarkan mengering.  “Probiotik akan membantu melawan jamur (atau jamur lainnya).  Pasta ini hanya untuk penggunaan luar,” katanya. 

7. Tea tree oil

Minyak tea tree ini dikenal dapat melawan ruam jamur.  Teteskan beberapa tetes minyak kelapa (yang juga membantu melawan jamur) dan oleskan pada ruam.  

“Jangan gunakan tea tree oil  yang belum diencerkan.  Jangan gunakan pada anak di bawah usia 2 tahun.  Perhatikan baik-baik reaksi alergi,” kata Zajac. 

8. Balm lemon

Untuk ruam akibat penyakit tangan, kaki, dan mulut, buatlah teh dari lemon balm.  Masukkan 1 hingga 2 sendok teh herba ke dalam 1 cangkir (235 ml) air mendidih dan diamkan selama 15 menit.  Sedikit pemanis, jika diinginkan.  Lemon balm adalah anti-virus alami dan dapat membantu mengatasi ruam ini.  

Namun ingat, jangan gunakan pengobatan ini untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui.  Lemon balm ada dalam golongan keluarga mint.

Sementara itu, perawat Megan Dix, RN, BSN, menjelaskan iritasi kulit, seperti ruam atau eksim biasanya dapat diobati. Meskipun, bayi mungkin merasa tidak nyaman dan sering rewel.

"Terkadang, kondisi ini dapat mengindikasikan penyakit yang lebih serius," kata Dix, dikutip dari Healthline.

 

Bunda, simak juga yuk tips mengatasi ruam dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!