sign up SIGN UP search


parenting

Cara Mudah Mengajari Anak Salat Dhuha Sejak Usia 4 Tahun

Melly Febrida Rabu, 07 Oct 2020 13:40 WIB
Asian family praying together during ramadhan caption

Mengajarkan anak beribadah bisa dilakukan sedini mungkin. Bagi Bunda yang beragama Islam, bisa mulai dengan mengenalkan konsep Allah dan ibadah wajib seperti salat lima waktu.

Seiring dengan pertambahan usia, anak-anak bisa dikenalkan dengan ibadah sunah seperti salat dhuha nih, Bunda. Bahkan, Bunda bisa mengajarkan si Kecil mengerjakan salat dhuha sejak usia sekitar 4 tahunan lho. Bagaimana cara mengajarkan salat dhuha ke anak?

Mohammad Irsyad, M.Pd.I, pakar parenting Islami mengatakan bahwa Rasulullah sudah memerintahkan orang tua mengajarkan anak-anak salat sejak dini. Namun, mengajarkan anak salat bukan perkara mudah. Rasulullah tak hanya memerintahkan, tapi juga memberikan cara pengajarannya, Bunda.


“Dibutuhkan cara atau metode tersendiri agar pengajaran tersebut bisa sukses,” kata Irsyad dalam buku 105 Inspirasi Nabi dalam Mendidik Anak.

Sementara itu, Ahmad Nawawi Sadili, dalam buku Panduan Praktis dan Lengkap Shalat Fardhu dan Sunnah, menjelaskan salat dhuha merupakan salat sunah yang dikerjakan pada waktu dhuha artinya pagi antara pukul 7 sampai 11 siang. 

Salat dhuha ini bertujuan memohon kepada Allah SWT agar diberi kemudahan rezeki dan berkah. Salat dhuha dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan paling banyak delapan rakaat.

Nah, mengapa usia 4 tahun dipandang bagus untuk mengajarkan anak mengenai salat dhuha? Berdasarkan Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini, dijelaskan bahwa anak yang berusia kisaran 4-5 tahun sudah mulai mengucapkan doa-doa pendek dan melakukan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya. Pencapaian ini tentunya dengan tuntunan orang dewasa ya, Bunda.

Jadi, Bunda dan Ayah sudah dapat membiasakan anak untuk melaksanakan ibadah seperti salat duha pada waktu pagi hari. Anak-anak yang masih kecil ini sebaiknya mulai dibiasakan karena pada masa ini anak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik perkembangan fisik maupun psikisnya. Anak bisa diajak membiasakan diri melakukan hal yang baik seperti melaksanakan salat duha. 

Dikutip Jurnal Untan, mengajak anak salat dhuha tak bisa dengan paksaan. Ketika suasana hati anak sedang baik, maka bisa dengan senang hati melaksanakan salat tanpa paksaan sehingga mereka merasa nyaman. Selain itu, dukungan orang tua dalam melaksanakan salat duha yakni dengan cara membangun anak lebih pagi.

Tapi bagaimana caranya? Bunda bisa salat bersama anak dengan suara keras . Cara ini secara tidak langsung dapat membiasakan anak untuk tidak saling mengganggu serta menjadikan anak cepat hafal bacaan-bacaan salat dengan baik dan benar. 

Menurut Muhammad Amrin Rauf dalam buku Hafal Luar Kepala Tata Cara dan Bacaan Shalat Wajib serta Sunnah,  beberapa langkah ini juga dilakukan pada salat dhuha:

1. Niat dibaca dalam posisi berdiri tegak menghadap kiblat sambil berniat untuk melaksanakan salat duha.

2. Takbiratul Ihram sambil membaca "Allaahu Akbar”.

3. Kedua tangan disedekapkan, lalu membaca doa iftitah.

4. Membaca surat al-faatihah.

5. Membaca surat pendek.

6. Ruku’.

7. I’tidal.

8. Sujud sambil membaca bacaan "Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdih" sebanyak 3 kali.

9. Duduk diantara dua sujud sambil membaca "Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘anni".

10. Berdiri membaca al-fatihah.

11. Membaca surat pendek.

12. Ruku’.

13. I’tidal.

14. Sujud setelah I’tidal, lanjutkan dengan sujud. Lalu, membaca kalimat tasbih berikut: "Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdih" sebanyak 3 kali.

15. Duduk di antara dua sujud sambil membaca""Robbighfirlii Warhamnii Wajburnii Warfa'nii Wahdinii".

16. Sujud kedua sambil membaca "Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdih" sebanyak 3 kali.

17. Duduk tasyahud/tahiyat akhir.

18. Salam dengan menoleh ke kanan sambil membaca "Assalamu’alaikum wa rahmatullah". Kemudian, menoleh ke kiri sambil membaca:"Assalamu’alaikum wa rahmatullah".

Semoga bermanfaat ya, Bunda. Selamat mengajarkan salat dhuha pada si kecil.

Bunda, simak juga yuk tips mengajari anak agar mau salat dan mengaji dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi