sign up SIGN UP search


parenting

Mudah! Ini Kegiatan Alternatif yang Bisa Dilakukan dengan Jaga Jarak

Selasa, 20 Oct 2020 16:14 WIB
Lovely preschool age girl celebrating her 5th birthday in home isolation because of pandemic of COVID-19 in her country while talking with abroad family on a computer. caption
Jakarta -

Menjaga jarak merupakan salah satu protokol kesehatan yang harus dilakukan selama masa pandemi COVID-19. Dengan menerapkan jaga jarak, artinya Bunda sudah melindungi keluarga karena Bunda mencegah risiko penularan virus COVID-19.

Mengutip laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, jaga jarak harus dilakukan dalam kombinasi tindakan pencegahan sehari-hari lainnya, termasuk memakai masker, menghindari menyentuh wajah dengan tangan yang tidak dicuci, dan sering mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik.

Meskipun menjaga jarak dengan orang lain, tapi bukan berarti Bunda harus antisosial. Bunda bisa melakukan kegiatan alternatif ini selama menerapkan protokol jaga jarak saat pandemi.


1. Melakukan pertemuan atau meeting virtual

Tunda dahulu melakukan pertemuan atau meeting secara tatap muka. Dengan teknologi yang sudah maju, Bunda bisa manfaatkan untuk meeting secara virtual. Ada beberapa pilihan platform untuk Bunda melakukan meeting, antara lain, Zoom, Google Meet, Skype.

2. Belanja di toko seminggu sekali

Bila perlu, belanja keperluan di toko seminggu sekali saja. Jangan lupa untuk mencatat daftar belanjaan yang akan dibeli sehingga Bunda tidak perlu berlama-lama di toko. Bila Bunda bingung saat mencatat daftar belanjaan (misalnya makanan), coba susun menu makanan dalam seminggu yang akan dibuat.

3. Virtual date untuk anak-anak

Anak-anak mungkin bosan dengan aktivitas dan interaksi sosial yang itu-itu saja di rumah. Tak ada salahnya melakukan virtual date untuk anak-anak. Bunda bahkan bisa jadi tuan rumah virtual date, loh. Caranya juga gampang banget, cukup janjian dengan para orang tua dan ajak anak virtual date dengan menggunakan platform online yang telah disepakati.

4. Naik transportasi umum di luar jam sibuk

Bagi Bunda yang bekerja atau sedang pergi ke tempat belanja, dan naik transportasi umum, sebisa mungkin naiknya di luar jam sibuk. Jelas, ini untuk menghindari keramaian dan penerapan jaga jarak pun lebih efektif.

5. Video call

Masih berhubungan dengan teknologi, video call bisa membuat Bunda tetap bisa terhubung dekat dengan keluarga, teman yang berada di luar kota atau bahkan luar negeri. Tak ada salahnya menjalin silaturahmi tanpa tatap muka. Dengan terjalinnya silaturahmi, membuat Bunda lebih mudah mencari bantuan atau mengetahui kabar terkini tentang kondisi mereka di sana.

Semoga tips di atas membantu Bunda dan keluarga untuk tetap menjaga jarak, social distancing, sebagai langkah aman penyebaran virus COVID-19. Bunda punya kebiasaan jaga jarak yang mudah diikuti? Yuk, share di kolom komentar untuk berbagi dengan Bunda lainnya.

Untuk itu, selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

[Gambas:Video Haibunda]



(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi