sign up SIGN UP search


parenting

Long Weekend, Ini 3 Tips Aman Kunjungi Tempat Wisata di Masa Pandemi

Asri Ediyati Selasa, 27 Oct 2020 15:04 WIB
Front view of family with two small daughters on trip outdoors in nature, wearing face masks. caption
Jakarta -

Libur long weekend sudah di depan mata nih, Bunda. Ya, pemerintah tetapkan bahwa tanggal 28 dan 30 Oktober sebagai cuti bersama. Sementara di 29 Oktober, ada perayaan Maulid Nabi.

Bunda sudah ada rencana liburan ke mana nih? Meski sudah merencanakan, jangan lupa juga bahwa libur long weekend ini, Bunda dan keluarga perlu berhat-hati.

Ya, kondisi pandemi COVID-19 membuat kita perlu perencanaan dan persiapan ekstra. Terutama, ketika memilih tempat wisata untuk liburan.


Supaya kita aman berkunjung ke tempat wisata di masa pandemi, cek tips aman dari ahli berikut ini:

1. Tetap perhatikan protokol kesehatan

Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia (UI) Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc, mengimbau masyarakat yang hendak mengisi libur panjang pekan depan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Jangan lupa untuk terapkan prinsip 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak selama berkunjung ke tempat wisata. Ajarkan dan tanamkan prinsip ini pada anak dari rumah.

2. Pilih tempat wisata di zona hijau

Dalam talkshow "Imun Kuat Libur Panjang Aman" di Media Center Satgas Penanganan COVID-19 Graha BNPB Jakarta baru-baru ini, Tri menegaskan agar masyarakat memiliki tempat wisata di zona aman, yakni zona hijau dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Tentukan tempat mana yang akan dituju dan pastikan lokasi wisata itu berada di zona hijau sehingga tidak terpapar COVID-19," jelas Tri Yunis Miko Wahyono.

3. Hindari zona merah

Tri menjelaskan, pemilihan zona aman menjadi prioritas dalam menentukan lokasi berlibur dan hindari zona merah karena berisiko tinggi tertular COVID-19. Akan tetapi, jika terpaksa harus datang ke zona merah, maka Bunda perlu menggunakan protokol kesehatan ketat.

"Mau jalan ke mall atau kemanapun di zona merah itu berisiko. Makanya jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun," ujar Tri.

Terpenting jangan lupa untuk selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun agar keluarga tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

Simak juga hoaks yang beredar di masa pandemi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi