sign up SIGN UP search


parenting

9 Manfaat Makan Wortel untuk Kesehatan Anak, Selain Mata Tetap Sehat

Melly Febrida Minggu, 22 Nov 2020 15:08 WIB
Three years old boy eating fresh carrot. caption

Jakarta - Anak-anak seringnya mengenal wortel itu sebagai makanan kesukaan kelinci. Tapi, apakah si Kecil senang makan wortel? Sebagian anak tertarik untuk memakan wortel karena warnanya yang segar mencuri perhatian. Namun, tak sedikit pula yang menolak wortel karena rasanya.

Padahal, manfaat wortel untuk anak itu banyak banget lho, Bunda. Dr.Arun Wadhwa (MBBS, MD (PAEDS)), spesialis pediatrician mengatakan bahwa wortel memberi warna pada makanan kita dan membuat kita tetap sehat. 

"Dipenuhi dengan nutrisi dan vitamin penting, sayuran ini tidak hanya menyehatkan tetapi juga enak dan menarik secara visual," jelas Wadhwa, dikutip MomJunction.


Wortel itu, kata Wadhwa, kaya akan beta-karoten, nutrisi penting yang memungkinkan pertumbuhan yang sehat pada anak-anak.  Beta karoten berperan penting dalam membangun kekebalan dan juga memiliki sifat anti penuaan.

Beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang penting untuk memungkinkan penglihatan pada malam hari. Selain itu, wortel kaya akan thiamin, niacin, dan vitamin B6. Serta kaya akan mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, tembaga, dan fosfor.

"Penelitian oleh University of Newcastle mengungkapkan bahwa wortel juga memiliki kandungan falcarinol yang tinggi, antioksidan yang dapat membantu melawan jenis kanker tertentu," jelas Wadhwa.

Berikut beberapa manfaat wortel untuk anak-anak maupun orang dewasa:

1. Meningkatkan penglihatan

Vitamin A penting untuk penglihatan dan vitamin ini banyak tersedia di wortel.  Wortel memiliki beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A di sel hati. Makan wortel setiap hari dapat meningkatkan penglihatan dan mencegah risiko gangguan terkait mata, seperti rabun senja.

2. Mencegah degenerasi makula

Makan wortel mencegah risiko degenerasi makula, yakni suatu kondisi yang berkaitan dengan menurunnya penglihatan pusat pada anak-anak.  Wortel memasok beta-karoten dalam jumlah yang baik, yang membantu menurunkan risiko degenerasi makula hingga 40 persen.  

3. Kulit sehat

Wadhwa mengatakan, wortel memiliki beta-karoten yang memberi warna pada sayuran.  Beta karoten juga membuat kulit bersinar sehat, sementara vitamin A dan antioksidan dalam sayuran melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

"Kekurangan vitamin A juga menyebabkan rambut rapuh, kuku, dan kulit kering.  Makanan sehat yang mencakup wortel juga dapat memperlambat penuaan, karena beta-karoten membantu memperbaiki kerusakan sel kulit akibat metabolisme," ujar Wadhwa.

4. Memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit

Wortel mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi dan memperbaiki pencernaan.  Selain itu, serat merangsang sekresi cairan lambung dan memastikan pergerakan usus halus.  Jadi, makan wortel mencegah sembelit dan gangguan perut lainnya.

5. Menyembuhkan diare

Wortel membantu menyembuhkan diare pada anak dengan cepat dan efektif.  Minum sup atau jus wortel beberapa kali setiap hari membantu mengkompensasi kehilangan air.

6. Menghilangkan cacingan

Wortel juga membantu menghilangkan cacing usus yang tumbuh subur di perut anak. Mengonsumsi sup wortel atau wortel yang dihaluskan membantu menyembuhkan gangguan lambung akibat cacingan.

7. Meningkatkan daya ingat

Wortel juga dikenal memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif. Mereka mengandung senyawa yang disebut luteolin, yang dapat mencegah peradangan otak dan kehilangan ingatan bertahap seiring bertambahnya usia.

8. Membersihkan tubuh

Wortel itu rendah kolesterol. Tidak hanya itu, wortel juga membantu menghilangkan kolesterol jahat atau lemak dari hati, sekaligus menjaga kadar empedu di dalam organ. Memasukkan wortel ke dalam makanan dapat membantu membersihkan tubuh dari racun.  Serat makanan dalam sayuran membantu menjaga usus besar tetap bersih dan mempercepat pembuangan kotoran.

9. Menjaga kesehatan gigi

Wortel adalah bahan abrasif alami yang membantu membersihkan gigi.  Karena bisa membersihkan plak dari gusi dan gigi, menghilangkan bau tak sedap dari makanan yang kita makan. Kalsium dan mineral lain yang dimiliki wortel melawan kuman dan menjaga gigi tetap sehat dan bersih.

Di samping manfaatnya, ahli nutrisi Natalie Butler, R.D., L.D., mengatakan bahwa jangan berlebihan mengonsumsi wortel. Konsumsi vitamin A yang berlebihan bisa menjadi racun.  Selain itu, dapat menyebabkan kulit sedikit berwarna oranye, meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan.

"Overdosis vitamin A tidak mungkin terjadi karena diet saja, tetapi mungkin terjadi akibat penggunaan suplemen," kata Butler dilansir Medical News Today.

Beberapa orang alergi terhadap senyawa dalam wortel.  Siapa pun yang mengalami gatal-gatal, bengkak, dan kesulitan bernapas setelah makan wortel membutuhkan perhatian medis segera.

"Jika gejalanya menjadi parah, orang tersebut mungkin mengalami anafilaksis, reaksi yang berpotensi mengancam nyawa yang dapat berkembang dengan cepat," katanya.

Apabila seseorang mengetahui bahwa dirinya alergi terhadap wortel, maka harus hati-hati memeriksa bahan-bahan dari smoothie, sup sayur, dan rangkaian produk lainnya ya.

Semoga informasi mengenai manfaat wortel di atas berguna, Bunda.

Bunda, simak juga yuk mitos atau fakta mengenai wortel, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi