Sign Up search


parenting

7 Jus Buah yang Bagus Diberikan pada Batita

Siti Hafadzoh Kamis, 02 Jan 2020 15:15 WIB
7 Jus Buah yang Bagus Diberikan pada Batita caption
Jakarta - Batita membutuhkan beragam asupan nutrisi untuk membantu tumbuh kembang mereka. Salah satu yang tidak kalah penting adalah nutrisi dari buah-buahan.

Bunda bisa menyajikan buah secara utuh untuk anak. Bisa juga dengan memberinya jus buah.

Namun, perlu diperhatikan nih, Bun. Jus buah tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 1 tahun. Anak di bawah usia 1 tahun sebaiknya mengonsumsi buah secara utuh.


American Academy of Pediatrics (AAP) mengungkapkan bahwa jus buah tidak memiliki manfaat untuk anak di bawah satu tahun. Selain itu, jus buah mengandung kadar gula yang cukup tinggi juga lho.


"Jus dalam jumlah kecil tidak masalah untuk anak yang lebih besar. Tapi, sama sekali tidak perlu untuk anak di bawah usia 1 tahun," kata Dr Melvin B. Heyman, direktur program Pediatric Inflammatory Bowel Disease di University of California dikutip dari Live Science.

Anak-anak usia 1 sampai 3 tahun hanya boleh minum jus tidak lebih dari 4 ons atau 188 ml per hari. Jus tidak boleh disajikan di dalam botol. Ini untuk menghindari paparan gula berlebihan yang akan merusak gigi.

Mengingat rasa buah sudah manis, Bunda tidak perlu menambahkan gula ya ke dalam jus. Berikan jus buah dengan rasa aslinya kepada si kecil.

Meski tinggi gula, jus buah masih punya manfaat kok untuk perkembangan anak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 jus buah yang bermanfaat untuk batita.

1. Jus wortel

Wortel kaya akan beta karoten yang penting untuk perkembangan anak. Dikutip dari Mom Junction, beta karoten punya peran penting untuk membangun kekebalan tubuh anak.

Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A yang penting untuk mata. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin B6, vitamin C, serat, magnesium, kalsium, potasium, dan fosfor.

Cara membuat: rebus atau kukus sebentar wortel yang sudah dipotong. Tambahkan air. Haluskan dengan blender atau juicer. Saring ampasnya.


2. Jus mangga

Mangga kaya akan serat yang dapat membantu menghilangkan sembelit. Selain itu, jus mangga juga mengandung vitamin A yang bagus untuk perkembangan penglihatan.

Beta karoten yang terdapat di buah mangga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ini juga membantu menghilangkan radikal bebas yang ada di tubuh.

Cara membuat: potong buah mangga menjadi beberapa bagian. Haluskan di blender atau juicer.
7 Jus Buah yang Bagus Diberikan pada BatitaIlustrasi jus mangga/ Foto: iStock
3. Jus pepaya

Pepaya berguna untuk melancarkan pencernaan si kecil, Bun. Selain itu, vitamin C pada pepaya membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, ini dapat mencegah anak gampang sakit.

Penelitian menunjukkan bahwa pepaya mengandung antioksidan dan serat. Antioksidan dan serat dapat mencegah kanker usus besar.

Cara membuat: potong-potong pepaya. Haluskan di blender atau juicer.

4. Jus jeruk

Vitamin C pada jeruk membantu menyerap zat besi yang meningkatkan hemoglobin. Sehingga, ini bisa mencegah gejala anemia.

Selain itu, vitamin dan mineral pada jeruk bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan anak. Jeruk juga mengandung polifenol yang dapat mencegah infeksi dan penyakit.

Cara membuat: masukkan jeruk ke dalam juicer. Kalau Bunda tidak punya juicer, peras jeruk dengan alat pemeras jeruk.

5. Jus pisang

Pisang kaya akan kalium yang membantu mengatur tekanan darah. Pisang juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B6, B12, dan folat.

Buah ini juga kaya akan serat. Sehingga, dapat mengatasi anak yang mengalami sembelit.

Cara membuat: potong pisang, lalu haluskan dengan blender.

6. Jus semangka

Semangka dapat menghidrasi tubuh karena buah ini mengandung banyak air. Elektrolit, sodium, dan potasium di dalam semangka dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Vitamin C dalam semangka membantu melawan infeksi dan memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin A pada semangka dapat memperkuat penglihatan anak.

Cara membuat: potong semangka, lalu masukkan ke dalam juicer atau blender. Bunda juga bisa tambahkan daun mint ke dalam jus semangka.


7. Jus blewah

Blewah kaya akan vitamin A, C, dan K. Dilansir Parenting Healthy Baby, berbagai vitamin ini memiliki peran penting lho untuk perkembangan anak.

Karoten yang terkandung dalam blewah mencegah radiasi sinar UV yang berbahaya untuk mata anak. Selain itu, blewah merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Cara membuat: potong-potong blewah. Masukkan ke dalam juicer. Bunda juga bisa tambahkan daun mint. Sajikan dan minum secepatnya.

Bunda, ikuti resep jus pepaya yoghurt ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi