sign up SIGN UP search


parenting

Bagaimana Cara Mudah Deteksi Bakat Anak? Simak Tipsnya di Sini Bun

Muhayati Faridatun Senin, 16 Nov 2020 15:32 WIB
A young mother and her cute little daughter painting with colorful paints and having fun at home. caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah tentu memahami, setiap anak tumbuh dengan bakat dan minat masing-masing. Lalu, bagaimana sih cara mudah mendeteksi bakat anak sejak dini?

Anak-anak biasanya suka dengan aktivitas menyenangkan seperti menyanyi, menari, menggambar, atau mewarnai. Tapi, kadang Bunda masih bingung, apakah ini hanya sekadar hobi atau memang bakat yang dimiliki Si Kecil?

Kalau anak pertama Bubun senang sekali menggambar dan mewarnai. Si Kakak juga suka membuat sesuatu dari bahan-bahan yang mudah, atau dia sebut dengan eksperimen. Ia sering minta dibelikan apa saja yang dibutuhkan untuk hobinya itu.


"Bunda, buku gambar aku sudah habis. Belikan lagi ya. Cat air sama kertas origami juga ya, Bun," pinta Si Kakak.

Nah, apakah ini hanya sekadar hobi atau memang bakat Si Kakak yang harus dikembangkan? Hmmm, padahal Bubun dan Ayah punya keinginan agar Si Kakak menekuni bidang akademis lain. Apakah Bunda mengalami ini juga?

Seorang editor dan penulis, Rakhsa Bharadia, menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Roots and Wings 2, tak seharusnya membentuk anak sesuai keinginan orang tua. Perlu diingat, anak memiliki minat dan bakat masing-masing.

"Orang tua mulai membentuk anak sesuai keinginannya. Mereka lupa bahwa anak punya kepribadian dan pertumbuhan batin sendiri yang harus dikembangkan," kata Rakhsa Bharadia.

Sebelum mengembangkan minat anak, sebaiknya Bunda mengetahui bakatnya lebih dahulu. Lalu, bagaimana cara mudah mendeteksi bakat anak sejak dini? Jangan khawatir, Bun, Principal of Sekolah Inkluisi Cikal, Husnul Chotimah, S.Psi, akan berbagi tips nih.

Kulwap deteksi bakat anakKulwap Tips Deteksi Bakat Anak/ Foto: HaiBunda

Bunda juga bisa bertanya langsung melalui Kuliah WhatsApp (Kulwap) HaiBunda: Tips Deteksi Bakat Anak, yang akan berlangsung pada Rabu, 18 November 2020, mulai pukul 19.00 WIB. Kulwap ini terselenggara atas kerjasama HaiBunda dengan Sekolah Inklusi Cikal.

Bunda tertarik join? Langsung yuk daftar di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi