sign up SIGN UP search


parenting

Manfaat Balet untuk Kecerdasan Anak, Jangan Anggap Sepele Bun

Muhayati Faridatun Jumat, 20 Nov 2020 10:36 WIB
Little ballerina in split on floor, copy space. Smiling baby girl dreaming to become professional ballet dancer, classical dance school Ilustrasi manfaat balet untuk kecerdasan anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Dalam masa tumbuh kembang, anak perlu stimulasi untuk memaksimalkan kemampuan. Caranya dengan beragam aktivitas yang bisa merangsang perkembangan otak anak, salah satunya menari balet.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine, menari bisa meningkatkan daya ingat dan mencegah seseorang terkena demensia, seiring bertambahnya usia. Manfaat lain dari menari yakni meningkatkan kesehatan mental, sehingga menurunkan risiko depresi.

"Menari juga bisa menguatkan jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi," demikian dikutip dari Boldsky.


Sementara itu, setelah konsultasi dengan psikolog, Ririn Dwi Ariyanti menyadari kalau aktivitas anak jangan diremehkan. Ia mengatakan, orang tua jangan menganggap aktivitas anak hanya sekadar kegiatan atau waktu bermain.

"Ada aktivitas-aktivitas anak yang sebenarnya bisa meningkatkan, bahkan memaksimalkan stimulasi otak anak, meningkatkan kecerdasan mereka. Salah satunya balet," kata Ririn, mengutip tayangan Ibu Pintar Trans TV.

Enggak cuma balet, istri Aldi 'Bragi' ini melanjutkan, gymnastic juga salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, banyak orang tua enggak menyadari, ada juga aktivitas atau permainan outdoor yang bukan sekadar kegiatan bermain untuk anak.

Kata Ririn, aktivitas-aktivitas tersebut juga bisa menstimulasi kecerdasan otak anak, terlebih di masa golden age atau masa emas anak yakni 0 sampai 5 tahun. Lalu, kenapa balet bisa meningkatkan kecerdasan anak?

"Dengan gerakan balet, anak bisa mengasah otaknya. Mereka akan menghafal gerakan, tahu ketukan, dengan iringan musik," tutur aktris 35 tahun ini.

Ririn juga mengatakan, musik bisa membuat anak rileks, orang tua jadi ikut bahagia, dan praktis anak pun bahagia. Dengan musik, lanjut ibu tiga anak ini, anak lebih mudah menangkap sesuatu. Musik juga sebagai pengantar komunikasi paling mudah ditangkap karena menyenangkan.

Nah, Bunda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat balet untuk anak? Yuk, tanya pakar langsung di SINI.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga keseruan belajar balet via online bersama balerina ternama Jepang, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi