sign up SIGN UP search


parenting

Tips Menemukan Bakat yang Tepat untuk Anak, Bunda Perlu Tahu

Muhayati Faridatun Selasa, 17 Nov 2020 12:02 WIB
Overjoyed young Asian mom and little biracial daughter lie on warm home floor construct with building bricks together, happy millennial Vietnamese mother have fun play with small girl child caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah baiknya mengenali minat dan bakat anak dalam masa tumbuh kembang. Bakat anak sangat beragam, mulai dari bidang akademik, seni, olahraga, sains, dan masih banyak lagi. Bagaimana dengan anak Bunda?

Diungkapkan Principal of Sekolah Inklusi Cikal, Husnul Chotimah, S.Psi., tidak menutup kemungkinan seorang anak punya beberapa bakat sekaligus. Bunda perlu tahu, anak juga bisa memiliki bakat dalam tingkatan yang berbeda.

Seperti kedua anak Bubun yang punya minat masing-masing. Si Kakak yang perempuan punya hobi menggambar, mewarnai, dan membuat sesuatu dari bahan-bahan yang simpel di rumah. Sedangkan sang adik laki-laki beda dari Si Kakak. Ia belum menunjukkan minatnya dan masih hobi bermain mobil-mobilan atau game online.


Tapi, Bubun enggak khawatir. Dijelaskan Husnul Chotimah, untuk bisa mencapai tingkatan penguasaan kemampuan optimal, anak perlu mengembangkan bakat dengan cara mempelajari dan melatihnya. Perlu diingat, Bunda, anak tidak bisa melakukan hal ini sendiri.

"Agar bakat menjadi sesuatu yang unggul, anak butuh panduan untuk dapat mengenali dan mengembangkan bakatnya," ujar Husnul kepada HaiBunda.

"Di sinilah peran orang tua sangat penting untuk mengarahkan secara tepat, sehingga bakat dan kemampuan berkembang lebih optimal sesuai usia pertumbuhannya."

Nah, bagaimana cara menemukan bakat yang tepat untuk anak? Bunda simak tips di halaman berikutnya. Klik NEXT ya.

Simak juga cara Ramzi dan Avi Basalamah mendukung putrinya yang hobi berkuda dan berenang, dalam video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi