sign up SIGN UP search


parenting

Jangan Marah Bun, Ini Cara Hadapi Perilaku Negatif Anak Saat Pandemi Corona

Yuni Ayu Amida Jumat, 20 Nov 2020 18:20 WIB
Unhappy mother having problem with noisy naughty little daughter screaming, demanding attention, child tantrum manipulation concept, tired thoughtful mum holding head, sitting on couch at home caption
Jakarta -

Perilaku negatif sebenarnya adalah hal yang umum dilakukan anak-anak, Bunda. Hal tersebut masih dianggap wajar selama tidak berlebihan atau masih terkendali.

Itu sebabnya orang tua perlu untuk bisa mengendalikan perilaku negatif anak. Terlebih di masa pandemi Corona saat ini, di mana anak-anak cenderung merasa tertekan akibat bosan berada di rumah.

Nah berikut ini tips yang bisa Bunda terapkan untuk menangani perilaku negatif anak, dilansir laman resmi WHO.


1. Alihkan perhatiannya

Bunda bisa mengalihkan perhatian anak dari perilaku negatif ke perilaku yang baik sedini mungkin. Bahkan bunda juga bisa menghentikan perilaku tersebut sebelum dimulai.

Misalnya, saat anak mulai menunjukkan perilaku negatif, coba alihkan perilaku tersebut dengan mengajaknya bermain bersama.

2. Terapkan konsekuensi

Adanya konsekuensi dapat mengajari anak bertanggung jawab terhadap apa yang mereka perbuat. Konsekuensi juga mengajarkan disiplin yang dikendalikan. Ini lebih efektif daripada memukul atau berteriak.

Langkah-langkah yang bisa Bunda lakukan seperti memberi anak pilihan untuk mengikuti instruksi sebelum menerapkan konsekuensi. Pastikan Bunda tetap tenang saat memberikan konsekuensi.

Nah, setelah konsekuensinya selesai, beri anak kesempatan untuk melakukan sesuatu yang baik, dan pujilah mereka karenanya.

3. Beri jeda

Beri jeda diri sendiri saat Bunda merasa ingin berteriak atau marah-marah. Tarik napas dan hembuskan perlahan. Kemudian tanggapi dengan cara yang lebih tenang.

Lebih lanjut, lakukan tiga langkah ini secara rutin. Karena rutinitas yang konsisten akan mengurangi perilaku negatif. Agar lebih baik, selama di rumah coba beri anak pekerjaan sederhana dengan tanggung jawab. Pastikan itu adalah sesuatu yang dapat mereka lakukan. Pujilah mereka saat mereka melakukannya.

Selain itu, Bunda tetap harus menerapkan protokol kesehatan selama masa pandemi Corona ya. Jangan lupa selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun, sesuai imbauan #satgascovid19.

Simak juga tips belajar online efektif selama pandemi dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Chow Yun Fat dan istri



(yun/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi