sign up SIGN UP search


parenting

Jadwal Imunisasi IDAI 2020 untuk Anak 0-18 Tahun, Pengumuman Baru Nih Bun

Annisa Karnesyia Jumat, 18 Dec 2020 14:19 WIB
Imunisasi Anak caption
Jakarta -

Bunda, sudah tahu? Ada update mengenai jadwal imunisasi terbaru dari IDAI lho. Ya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru saja merilis jadwal imunisasi untuk anak usia 0-18 tahun pada akhir 2020. Ada beberapa perbedaan dibanding aturan yang sebelumnya nih.

Seperti yang kita tahu ya, Bunda, kalau imunisasi penting diberikan untuk melindungi anak dari penyakit. Pemberian imunisasi dengan vaksin bisa mulai dilakukan sejak bayi baru lahir, Bunda.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), vaksin dapat mengurangi risiko terkena penyakit dengan bekerja memberikan pertahanan tubuh untuk membangun perlindungan. Saat anak mendapatkan vaksin, sistem kekebalan tubuh akan merespons.


"Vaksinasi adalah cara sederhana, aman, dan efektif untuk melindungi orang dari penyakit berbahaya, sebelum bersetuhan dengan mereka," tulis WHO dalam laman resminya.

Pemberian vaksin pada anak disesuaikan dengan usianya. Untuk itu, orang tua perlu mengetahui jenis vaksin yang harus diberikan sesuai usia anak mereka.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru saja mengeluarkan rekomendasi jadwal imunisasi 2020 untuk anak 0 sampai 18 tahun. Jadwal lengkap dengan jenis vaksin dan usia anak.

Jadwal Imunisasi IDAI 2020Jadwal Imunisasi IDAI 2020/ Foto: Website Resmi IDAI

Dikutip dari laman IDAI, berikut uraian lengkap vaksin sesuai jadwal imunisasi 2020:

1.Vaksin Hepatitis B

Vaksin hepatitis B diberikan pada bayi segera setelah lahir dan sebelum berumur 24 jam. Pemberian didahului penyuntikan vitamin K1 minimal 30 menit.

Bayi dengan berat lahir kurang dari 2.000 gram, imunisasi hepatitis B sebaiknya ditunda sampai berumur 1 bulan atau lebih, kecuali ibu HBsAg positif dan bayi bugar berikan imunisasi HB segera setelah lahir tetapi tidak dihitung sebagai dosis primer.

Bayi lahir dari ibu HBsAg positif, segera berikan vaksin HB dan immunoglobulin hepatitis B (HBIg) pada ekstremitas yang berbeda, maksimal dalam 7 hari setelah lahir. Imunisasi HB selanjutnya diberikan bersama DTwP atau DTaP.

2. Vaksin Polio 0

Vaksin polio 0 (nol) iberikan segera setelah lahir. Apabila lahir di fasilitas kesehatan diberikan bOPV-0 saat bayi pulang atau pada kunjungan pertama. Selanjutnya berikan bOPV atau PV bersama DTwP atau DTaP. Vaksin IPV minimal diberikan 2 kali sebelum berusia 1 tahun bersama DTwP atau DTaP.

untuk tahu uraian vaksin-vaksin imunisasi lain, BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya.

Simak juga video ajarkan anak mengenai new normal:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner tanaman hias tropisFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari



Jadwal Imunisasi IDAI 2020 untuk Anak 0-18 Tahun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi