sign up SIGN UP search


parenting

Ajari Anak Serunya Bermain Kasti, Bikin Deg-degan Tapi Menyenangkan

Melly Febrida Kamis, 07 Jan 2021 15:52 WIB
Young father sharing basics of baseball with his little boy, outdoors in the park caption

Jakarta - Anak-anak zaman sekarang paling sering terlihat main sepak bola atau futsal. Tapi, permainan kasti juga enggak kalah seru lho.

Anak-anak harus mencapai base terakhir tanpa terkena lemparan bola dari grup lawan. Bubun semasa kecil paling seru kalau kain kasti. Bikin deg-degan tapi menyenangkan.


Apa itu permainan kasti? Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kasti adalah suatu permainan yang bersifat game. Dalam permainan bola kecil ini sangat menekankan sikap sportif.


Anak-anak yang main tidak boleh curang dan siap menerima kekalahan. Serta yang pasti, perlu kerja sama antar anggota regu, kecermatan dan keterampilan.

Permainan kasti biasanya dimainkan dua tim yang masing-masing beranggotakan 9 orang dan membutuhkan tenaga yang kuat dan sangat menguras tenaga karena harus dapat berlari kencang. 

“Peralatan utama permainan ini menggunakan sebuah bola yang terbuat dari karet atau bola tenis dan sebuah pemukul yang terbuat dari kayu,” demikian disebutkan dalam laman Kemendikbud.

Selain itu, juga dibutuhkan bendera dan tiang hinggap.

Permainan kasti ini biasanya dimainkan di lapangan yang cukup luas, memiliki panjang antara 60-70 meter. Sedangkan lebarnya sekitar 30 meter.

Ada tiga base alis tempat persinggahan, yakni dua yang tidak jauh dari garis pukul dan satu lagi cukup jauh dari titik pukul. 

Ketiga base ini ditandai dengan tonggak. Jarak antara garis pemukul dan tonggak 1 ± 5-7 meter.  Sedangkan jarak antara tonggak 1 dan tonggak ke 2 ±10-15 meter. Berikut gambarnya

Sebelum permainan kasti dimulai, diundi dulu Bunda. Perwakilan tiap grup suit, mana yang menang dan mana yang kalah. 

Group yang menang, bermain atau memukul bola lebih dulu alias tim pemukul sedangkan grup yang  meleset suitnya, bertugas sebagai tim penjaga.  

Misalnya saja Grup A yang bertugas main dan Grup B yang menjaga. Semua anggota ditempatkan di sesuai dengan tempatnya.  Mereka bertugas sebagai penghadang, dan berada di luar garis dan menyebar dan terpencar  bisa di depan, di tengah, di belakang,disamping kiri-kanan .  

Dan dari group B, salah satu bertugas sebagai pelempar bola. Apabila bola yang di ayunkan penjaga meleset dan tidak di pukul pemaian group A, maka masih ada ada kesempatan ke 2  untuk memukul.  

Tapi, kalau bola  yang dipukul meleset selama 3 kali maka pemukul harus segera meninggalkan bola dan berlari ke tonggak pertama.  Jika sebelum mencapai atau memegang tonggak pertama bola sudah mengenai badannya pemukul, maka group bergantian tugas sebagai penjaga/penghadang. 

Wah membayangkan saja sudah seru ya, Bunda. Lalu, bagaimana kelanjutan permainan kasti? Simak di halaman selanjutnya yuk!

Selain main kasti, biarkan anak main sepeda ya, Bunda. Simak yuk manfaatnya seperti dijelaskan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Hijaber Turki



 

 

Aturan main kasti agar mendapat poin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi