sign up SIGN UP search


parenting

Olahraga Sederhana untuk Anak agar Otot dan Tulang Kuat

Melly Febrida Selasa, 08 Dec 2020 12:19 WIB
Ilustrasi anak olahraga di rumah caption

Waktu bermain anak-anak di masa pandemi berkurang drastis. Sepanjang hari, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam rumah. Tapi bagaimana biar bisa tetap aktif dan bisa berolahraga? Enggak usah yang susah-susah olahraganya, Bunda. Ada olahraga sederhana untuk anak-anak yang bisa dipraktikkan di rumah tanpa perlu alat.

Dikutip Kids Health, dokter spesialis anak Mary L. Gavin, MD, mengatakan bahwa anak-anak usia 6-12 tahun membutuhkan aktivitas fisik untuk membangun kekuatan, koordinasi, dan kepercayaan diri. Selain itu juga menjadi dasar untuk gaya hidup sehat.   

Gavin mengatakan, dalam pedoman aktivitas fisik untuk anak-anak usia sekolah direkomendasikan agar anak-anak melakukan aktivitas fisik yang sedang hingga kuat selama 1 jam atau lebih setiap hari.

"Sebagian besar aktivitas fisik harus aerobik, di mana anak-anak menggunakan otot yang besar dan berlanjut selama jangka waktu tertentu.  Contoh aktivitas aerobik adalah lari, berenang, dan menari," ujarnya.

Ketika berlari, melompat, dan bermain, menurut Gavin, anak-anak secara alami membangun otot dan tulang yang kuat. Namun, awasi dengan benar. Aktivitas fisik penguatan otot dan penguatan tulang harus dilakukan setidaknya 3 hari seminggu.  Anak-anak secara alami membangun otot dan tulang yang kuat saat mereka berlari, melompat, dan bermain. Program berat badan formal tidak diperlukan, tetapi aman jika dirancang dan diawasi dengan benar.

"Batasi waktu yang dihabiskan untuk aktivitas yang tidak banyak bergerak, seperti menonton TV, menggunakan perangkat elektronik, online, dan bermain video game," ujar Gavin.

Sementara itu, dilansir Very Well Family, latihan atau olahraga untuk anak-anak seharusnya menyenangkan. Anggaplah itu sebagai "permainan olahraga" ketimbang "olahraga".  Itulah istilah yang digunakan oleh Ewunike Akpan, yang merupakan pelatih pribadi yang disertifikasi oleh American Council on Exercise dan juga manajer asosiasi untuk wilayah Atlantik tengah untuk BOKS (Build Our Kids 'Success).

"Tidak masalah jika seorang anak tidak tertarik pada olahraga simpel, tetapi penting untuk menemukan cara alternatif untuk menjadi aktif.  Dorong anak yang tidak menyukai sepakbola, bola basket, atau olahraga tim lainnya untuk mengeksplorasi pilihan aktif lainnya, seperti karate, anggar, golf, bersepeda, skateboard, dan tenis," kata Gavin.


[Gambas:Video Haibunda]

Banner biaya sekolah
Berbagai olahraga sederhana untuk Anak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi