sign up SIGN UP search


parenting

5 Permainan Bola Kecil yang dapat Melatih Ketangkasan Anak

Haikal Luthfi Selasa, 09 Feb 2021 19:44 WIB
Young father sharing basics of baseball with his little boy, outdoors in the park caption
Jakarta -

Sangat penting mengajarkan pendidikan jasmani pada anak, Bunda. Sebab, hal ini akan membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang aktif dan sehat.

Anak-anak pada umumnya memiliki kecenderungan ingin selalu bergerak. Oleh sebab itu, aktivitas bermain merupakan cara terbaik penerapan pendidikan jasmani yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

"Bermain adalah cara anak-anak belajar," kata dr. Tiff Jumaily, seorang dokter anak di Integrative Pediatrics and Medicine Studio City di Los Angeles, dilansir Health Line.


Salah satu permainan yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan bola, Bunda. Permainan bola dapat meningkatkan keterampilan motorik anak, koordinasi tangan-mata, dan pengaturan waktu, yang merupakan bagian penting dari perkembangan mereka.

Memiliki bola untuk bermain-main termasuk merupakan aktivitas fisik yang bagus. Namun, semua permainan tidak harus hanya tentang menangkap bola dan melemparkannya kembali. Ada banyak jenis permainan bola yang bisa dimainkan.

Salah satunya permainan bola kecil yang menyenangkan untuk dimainkan oleh anak-anak. Nah Bunda, apa saja daftar permainan bola kecil yang cocok untuk dimainkan oleh anak? Mengutip dari berbagai sumber, berikut macam-macamnya.

1. Tenis

Tenis adalah olahraga yang dimainkan dengan bola kecil yang dipukul dengan menggunakan raket. Olahraga ini dimainkan oleh dua orang pemain (single) yang berhadapan satu lawan satu, atau empat orang pemain (double) yang bermain dua lawan dua di lapangan.

Selain itu, tenis merupakan olahraga yang bagus untuk anak lho Bunda. Mengutip laman Active Kids, olahraga tenis menawarkan beberapa manfaat yang tidak ada dalam olahraga lainnya. Mulai dari risiko cederanya yang rendah hingga termasuk salah satu olahraga yang menyenangkan.

2. Kasti

Young father sharing basics of baseball with his little boy, outdoors in the parkPemainan kasti/ Foto: Getty Images/AleksandarNakic

Kasti merupakan olahraga permainan beregu, biasanya dimainkan dua tim yang masing-masing beranggotakan 9 orang. Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kasti adalah suatu permainan yang bersifat game. Dalam permainan bola kecil ini sangat menekankan sikap sportif.

Permainan kasti mengutamakan ketangkasan dan kegembiraan untuk memenangkan permainan. Satu regu dituntut untuk bekerja sama dengan baik dan kompak. Aturan dan tata cara bermain kasti diajarkan secara umum, adapun alat-alat yang digunakan antara lain bola kecil, alat pemukul yang terbuat dari kayu, tempat penghentian (base) dan batas lapangan.

3. Tenis meja

Permainan tenis meja atau yang lebih dikenal dengan istilah pingpong merupakan olahraga yang dapat dimainkan baik secara tim maupun individu. Olahraga ini mengandalkan permainan dan gerak bola cepat.

Layaknya main tenis, permainan ini dilakukan di atas meja. Pemain harus menguasai teknik menyerang dan bertahan sama baiknya demi memenangkan permainan. Terdapat teknik yang digunakan dalam bermain tenis meja seperti forehand drive ataupun backhand drive.

Mengutip laman Metro, manfaat olahraga ini antara lain seperti melatih reflek, meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta dapat membakar kalori, Bunda. Sehingga, ini menjadi salah satu olahraga yang cocok untuk si kecil.

4. Baseball

Baseball adalah sebuah olahraga yang populer di Amerika. Istilah-istilah dalam permainan baseball kebanyakan diambil dari bahasa sehari-hari disana seperti pitch it dan going to bat.

Mengutip Very Well Family, dalam olahraga baseball, dua tim yang terdiri dari sembilan pemain bergantian antara menyerang dan bertahan. Pemain ofensif mencoba untuk mencetak skor dengan memukul bola bisbol dengan pemukul, kemudian berlari di sekitar lapangan untuk mencapai base yang terletak pada tiga sudut lapangan.

Sementara pemain bertahan mencoba memasukkan bola. Mereka memainkan posisi termasuk pelempar, penangkap, infielders (yang mengatur pangkalan dan dapat menggunakan bola untuk menandai pelari), shortstop (pemain tengah yang berada di antara base kedua dan ketiga), dan outfielders (yang mencoba menangkap bola dan melemparkannya ke base).

5. Hoki

Permainan bola kecil ini pun dimainkan oleh dua grup dalam satu pertandingannya. Bola yang digunakan dalam permainan berbentuk bundar dan setiap pemain memegang stik pemukul untuk mengolah dan memukul bola.

Permainan ini mengharuskan regu untuk memasukkan bola ke dalam gawang lawan demi mendapatkan poin. Mengutip laman Kids Kiddle, tongkat hoki yang digunakan berbentuk J dan terbuat dari kayu, kaca, dan fiber. Tongkat itu memiliki kait melengkung di ujungnya.

Posisi dalam permainan hoki mirip dengan sepak bola, yang mana mereka memiliki bek sayap, bek tengah, dan pemain depan. Setiap tim memiliki penjaga gawang yang bertugas menghalau dan menghentikan tim lawan untuk mencetak gol.

(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi