sign up SIGN UP search


parenting

Bayi 1 Tahun Terkunci dalam Mobil Hampir 40 Menit, Duh Kok Bisa?

Asri Ediyati Rabu, 30 Dec 2020 15:00 WIB
Bayi berisiko terkena heatstroke saat terkunci dalam mobil
Baby leg fingers. Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile. caption

dr.Marwa Abdelfattah, spesialis pediatri di Brightpoint Royal Women's Hospital, mengatakan sangat penting untuk orang tua memahami bahaya medis saat anak yang tidak diawasi ketika berada di dalam mobil. Termasuk seberapa cepat kondisi tersebut bisa mematikan bagi si anak.

"Seorang anak yang terperangkap dalam mobil panas dapat mengalami dehidrasi, syok dan sengatan panas. Heat Stroke dapat terjadi dalam beberapa menit di dalam mobil karena suhu naik sangat cepat," kata Marwa dilansir The National UAE.

Selain itu, menurut dr.Maya Madam, dokter anak di rumah sakit Lifeline di Abu Dhabi, anak-anak tanpa memandang usia, tidak dapat mengatur suhu tubuh seperti orang dewasa. Tubuh anak mulai mati rasa ketika terkena suhu yang sangat tinggi.


"Karena panas, anak dapat kehilangan kesadaran dan terkadang menjadi sangat gelisah dan bingung. Mereka akan dilanda kepanikan," ujarnya.

Ia mengatakan satu menit anak sendirian di dalam mobil, akan ada risiko. Ia juga menjelaskan tak ada waktu yang aman ketika orang tua meninggalkan anaknya sendirian di mobil meski dalam waktu singkat.

Untuk itu, selalu biasakan sebelum orang tua mengunci mobil, selalu cek kursi belakang. Selalu simpan tas atau barang milik anak di kursi depan. Lalu, ingatkan orang dewasa di sekitar agar ingat bahwa ada seorang anak duduk di belakang.

Jika memang anak masih kecil dan bisa digendong, maka lebih baik keluarkan saja dari mobil dan jaga si kecil bersama orang tua.

(aci/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi