sign up SIGN UP search


parenting

6 Gejala Tipes Pada Anak, Simak Cara Mencegahnya Sebelum Parah Yuk

Haikal Luthfi Selasa, 29 Dec 2020 17:09 WIB
Close-up thermometer. Mother measuring temperature of her ill kid. Sick child with high fever laying in bed and mother holding thermometer. Hand on forehead. caption
Jakarta -

Tipes adalah penyakit yang umum terjadi pada anak-anak, Bunda. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang mengakibatkan infeksi peradangan pada saluran pencernaan.

Biasanya faktor yang mempengaruhi penularan tipes adalah sanitasi, kebersihan lingkungan dan pribadi yang buruk. Bahkan, penularan dapat masuk melalui makanan dan minuman yang tidak bersih atau telah terkontaminasi oleh kuman.

Kuman ini bisa masuk melalui alat masak, bahan makanan, atau tangan dari pengelola masakan tersebut. Maka tak heran, bila banyak orang tua yang melarang anaknya untuk jajan sembarangan.


Bakteri ini secara medis disebut juga sebagai Salmonella typhi, sejenis kuman yang dapat bertahan lama dalam beberapa media tertentu. Mengutip WebMD, makanan dan air yang tercemar atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dapat menyebabkan demam tifoid.

Demam tifoid dapat berakibat fatal jika tidak dirawat. Penyakit ini dapat berlangsung selama tiga minggu sampai sebulan. Penyebab paling umum kematian akibat demam tifoid adalah perforasi usus atau perdarahan usus. Penyakit ini selanjutnya menimbulkan peritonitis, yang merupakan peradangan pada lapisan tipis dinding dalam perut, berfungsi melindungi organ di dalam rongga perut.

Gejala tipes pada anak

Penyakit tipes kerap kali menyerang-anak-anak ketimbang orang dewasa lho, Bunda. Sebab, kekebalan tubuh anak-anak belum sekuat orang dewasa, ditambah lagi faktor jajan sembarangan di lingkungan yang tidak higienis, ataupun tidak mencuci tangan sebelum makan.

Mengutip Kids Health, bakteri yang tertelan melalui makanan pada berikutnya akan berkembang biak dan menyebar ke aliran darah. Sehingga dapat menyebabkan infeksi. Jika ini tidak cepat diatasi, anak yang terkena tipes akan mengalami beberapa gejala seperti demam, sakit perut, dan sebagainya.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, secara detail beberapa gejala tipes pada anak meliputi:

1. Demam

Fever, Close-up medical thermometer, Parent / Father measuring temperature of his ill kid, Asian 3 - 4 years old toddler boy gets high fever lying on bed with cold compress on forehead to cool a feveranak demam/ Foto: Getty Images/iStockphoto/yaoinlove

Demam merupakan gejala utama dari penyakit tipes. Biasanya suhu badan anak akan naik menjelang sore atau malam hari, dan kembali turun saat pagi hari. Suhu tubuh tertinggi bisa mencapai 38 derajat hingga 40 derajat celcius. Suhu ini pun sulit turun walau anak sudah diberi obat penurun panas.

"Demam biasanya lebih dari satu minggu. Keluhan dominan yang dialami anak adalah masalah di pencernaannya. Bisa alami mual, muntah, mencret, atau sembelit," kata dokter spesialis anak, I Komang Artawan, M. Biomed, Sp.A, dikutip dari YouTube Dokter Danen Channel.

2. Sakit perut

Pada umumnya penderita tipes sering mengeluhkan sakit pada perut disertai mual dan muntah. Pada awal sakit, kerap kali perut terasa kembung dan sembelit, kemudian pada minggu selanjutnya kadang-kadang timbul diare. Sakit perut yang dialami kadang bisa menyebabkan nyeri di anggota tubuh lainnya.

3. Nyeri

Biasanya, anak mengalami demam yang disertai dengan nyeri sendi, Bunda. Kondisi ini membuat anak tidak bisa bergerak serta rasa nyeri akan mereda seiring dengan turunnya demam.

4. Sakit kepala

Anak juga akan merasakan sakit kepala yang parah. Biasanya akan terasa di kepala bagian belakang. Ini mirip dengan sakit kepala ketika terkena gejala demam berdarah (DBD).

5. Ruam pada tubuh

Ruam yang ditimbulkan terdiri dari bintik-bintik berwarna merah, terutama di dada, leher, dan perut setelah anak terinfeksi kuman setelah minggu pertama.

6. Hilang nafsu makan

Anak akan kehilangan nafsu makan. Hal ini akan membuat berat badannya berpotensi menurun.

Gejala-gejala ini dapat berkisar dari yang ringan hingga berat, tergantung beberapa faktor, seperti kesehatan, usia, dan riwayat vaksinasi anak.

Cara mencegah tipes

Tindakan preventif demi mencegah kuman penyebab penyakit tipes sebaiknya harus dilakukan, Bunda. Diantaranya dengan membersihkan tangan sebelum makan serta memasak air sebelum hendak diminum.

Mengutip Mayo Clinic, beberapa langkah pencegahan penyakit tipes diantaranya:

1. Cuci tangan

Cuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan merupakan cara terbaik untuk mengendalikan penyebaran kuman. Sebaiknya mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir. Selain itu, selalu siap sedia pembersih tangan berbahan dasar alkohol bila air tidak tersedia.

2. Hindari minum air yang tidak diolah

Air minum yang terkontaminasi merupakan masalah khusus di daerah endemik penyebaran penyakit tipes. Oleh sebab itu, disarankan untuk meminum air hanya pada produk kemasan.

3. Hindari makanan mentah

Karena produk mentah mungkin telah dicuci dengan air yang terkontaminasi. Sebaiknya menghindari makanan mentah sepenuhnya.

4. Bijak memilih makanan

Hindari makanan yang disimpan atau disajikan pada suhu ruangan. Makanan panas yang mengukus adalah yang terbaik. Meskipun tidak ada jaminan bahwa makanan yang disajikan di restoran itu aman. Sebaiknya menghindari makanan yang dijajakan pedagang kaki lima, di mana berpotensi lebih mungkin terinfeksi oleh kuman.

Simak juga Bunda, obat alami turunkan demam anak pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Lesti KejoraFoto: Mia Kurnia Sari
(haf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi